BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dari becak hingga mobil: kami berkeliling dunia dengan listrik

Dari becak hingga mobil: kami berkeliling dunia dengan listrik

Tahun ini, penjualan global kendaraan listrik akan meningkat sekitar 35 persen. Artinya porsi listrik di jalan raya akan menjadi 18 persen. Pada tahun 2020 hanya 4 persen.

Prospeknya lebih tinggi dari perkiraan awal Badan Energi Internasional. Hal ini sebagian disebabkan oleh Undang-Undang Inflasi AS, yang memasukkan subsidi dalam jumlah besar untuk pembelian mobil listrik. Beralih dari bensin ke kendaraan listrik akan mengurangi permintaan minyak global hingga lima juta barel per hari, Dihitung oleh Badan Energi Internasional.

Sekitar 2025 EV akan semahal mobil bensin

“Kami memperkirakan akan melihat paritas harga pada kendaraan listrik kecil dan menengah di pasar Amerika Utara dan Eropa sekitar pertengahan tahun 2020,” kata Timar Guell, kepala kebijakan teknologi energi di Badan Energi Internasional. kepada Reuters. Untuk mobil yang lebih besar, seperti SUV dan truk pickup, kemungkinan besar akan datang pada tahun 2030-an.

Mobil listrik besar sangat dominan sekarang. Di Cina dan Eropa, dua pertiga kendaraan listrik adalah SUV. Di Amerika Serikat, bagian ini bahkan lebih tinggi. Penjualan SUV terus meningkat. Pada 2012, 20 persen mobil baru adalah SUV. Dilaporkan tahun lalu sudah 46 persen Badan Energi Internasional
sebelumnya.

Kebangkitan Cina

Sebagian besar mobil listrik (60 persen) ada di jalanan China. Di sana, produsen kendaraan listrik China mengambil pangsa pasar dari perusahaan Eropa. Tahun lalu, misalnya, Volkswagen bukan lagi merek mobil terlaris di China, melainkan BYD. Beberapa model yang lebih kecil lebih murah di luar sana daripada mobil bensin yang sebanding.

Pasar kendaraan listrik menjadi lebih kompetitif. Semakin banyak pendatang baru dari produsen kendaraan listrik, kebanyakan dari China. Pendatang baru sering menawarkan model yang lebih terjangkau daripada pembuat mobil yang sudah mapan. Brian Guo, wakil presiden pembuat mobil China Xpeng, memberi tahu waktu keuangan Hanya sepuluh pembuat mobil yang akan selamat dari pertempuran mobil listrik.

READ  Dunia untuk menang bagi perempuan di perkebunan kelapa sawit - Maret - 2021 - berita - pekerjaan kami

Roda tiga listrik

Di negara berkembang, kendaraan listrik roda dua dan tiga mendominasi. Misalnya, setengah dari registrasi kendaraan roda tiga di India tahun lalu adalah listrik. Namun, tahun 2022 merupakan tahun pertumbuhan penjualan kendaraan listrik untuk India, Thailand, dan india. Penjualan di tiga negara tersebut naik tiga kali lipat dibanding 2021, mencapai 80.000 mobil listrik.

Armada perusahaan

Armada kendaraan komersial menjadi semakin berlistrik. Penjualan global kendaraan komersial ringan listrik meningkat lebih dari 90 persen menjadi lebih dari 310.000 unit pada tahun 2022. Sementara total penjualan kendaraan komersial ringan menurun sekitar 15 persen.

Untuk terus mendorong pertumbuhan menuju elektrifikasi, kata Badan Energi Internasional Kebijakan dan insentif nasional adalah penting. Harga minyak yang lebih tinggi dapat meyakinkan pembeli kendaraan listrik.

Ingin membaca lebih lanjut tentang penggerak listrik?