BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Descendants of the East menghidupkan sejarah, melodramatis dan jujur

Descendants of the East menghidupkan sejarah, melodramatis dan jujur

Keturunan Timur
Sutradara: Dan Van Setters
★★★★

Ronald Rovers

Itu cerita yang bagus. Daan van Citters dan Joenoes Polnaya menjadi teman di lokasi syuting TimurFilm 2020 tentang bagaimana militer Belanda berperilaku buruk di Indonesia. Mereka menemukan bahwa latar belakang mereka terkait erat dengan kehadiran Belanda di sana. Untuk mengangkat sudut tabir: Van Setters berasal dari bangsawan dan nenek moyangnya terlibat dalam VOC. Tapi ada lebih dari itu dan salah satu aspek terkuatnya Keturunan Timur Apakah itu yang ditunjukkan oleh kedua sahabat melalui kisah pribadi – tanpa harus mengatakannya dengan lantang – betapa pentingnya tanggal ini di tahun 2023.

“Tindakan polisi” – istilah ini adalah salah satu eufemisme terbesar dalam sejarah Belanda dan ilustrasi satir tentang bagaimana sejarah ditulis oleh para pemenang. Anda dapat dengan tepat menyebutnya sebagai kampanye teror yang mengerikan oleh kekuatan pendudukan, tetapi karena itu semacam tabrakan, itu disebut dengan nama lain di buku sejarah Belanda. Bagaimanapun, kakek Van Sitter adalah seorang kapten sukarelawan selama penyerangan itu, dan kakek Polnaya bertempur di pihak Belanda sebagai tentara Maluku.

Tulus dan menyentuh

Ada beberapa, secara halus, momen melodramatis Keturunan Timur. Terkadang ada baiknya bangkit kembali. Tapi itu tidak masalah. Karena di sisi lain, ada momen jujur ​​dan mengharukan yang tak ada habisnya. Dalam beberapa dekade terakhir, sejarah ini jarang dihidupkan seperti yang dilakukan oleh Van Citters dan Polnaya dalam film dokumenter pribadi ini. Ini juga akan membuat Anda sadar bahwa Anda masih belum tahu banyak. Tentang bagaimana penganiayaan laki-laki dan perempuan Maluku – seringkali keluarga – diperlakukan seperti kakek-nenek Polnaya di sini setelah Perang Kemerdekaan Indonesia. skandal. Yang pada gilirannya menyebabkan pembajakan kereta api pada tahun 1977.

Anda dapat mengatakan bahwa film tersebut dengan mudah menyatukan semua hal ini. Tapi itu bahkan bukan kelebihan filmnya: Semua tanggal ini benar-benar berhubungan dan adil jika kita melihatnya bersama. Fitur hebat dari film spontan ini, yang tumbuh dari persahabatan, adalah membuat semua hal ini begitu dekat. Saat Polnaya mengunjungi rumah paman dan bibi Polnaya di Maluku bersama Van Setter, yang dibangun oleh kakeknya dan sebenarnya adalah rumah keluarga, dia merasakan hubungannya. Dia orang Belanda, dia dibesarkan di sini, namun dia telah direnggut dari kepalanya oleh perkembangan yang terjadi.

Salahkan sesuatu yang tidak Anda lakukan

Bisakah itu disalahkan pada sesuatu yang tidak saya lakukan, Van Setters bertanya-tanya, tanpa memberikan jawaban yang mudah. Tidak secara langsung tentunya. Tetapi tidak ada salahnya untuk memikirkan apa yang dilakukan orang-orang sebelum Anda.

READ  Jim Taihuttu membawa DVD De Oost ke Kakek tanpa WiFi