BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dolar naik, Fed naik karena saham menyusut

Euro jatuh ke level terendah 20 tahun di $0,9810 setelah Rusia memerintahkan mobilisasi pasukan cadangan saat perang di Ukraina meningkat.[FRX/]

S&P 500 berjangka turun 0,6% dan dolar melonjak di awal perdagangan. Indeks dolar mencapai tertinggi 20 tahun di 111,65 dan kekuatan greenback mengirim dolar Aussie, Kiwi dan Kanada ke posisi terendah multi-tahun baru.

Pound mencapai level terendah 37 tahun di $1,1233. Hit Korea Selatan mendorong indeks di atas $ 1.400 terhadap dolar untuk pertama kalinya sejak 2009. Baht Thailand, ringgit Malaysia, dolar Singapura, dan krona Swedia semuanya mencapai posisi terendah baru.

Nikkei Jepang turun 1%. Hang Seng berjangka datar, tetapi indeks Golden Dragon dari saham China yang terdaftar di AS turun 5,9% semalam.

Bank sentral pada hari Rabu menaikkan suku bunga tajam sebesar 75 basis poin – kenaikan ketiga berturut-turut. Hal ini membawa target suku bunga bank menjadi 3-3,25%.

Proyeksi menunjukkan bahwa para pejabat berpikir suku bunga akan tetap tinggi dan pertumbuhan rendah, dan perkiraan rata-rata untuk hasil tahun ini sebesar 4,4% – lebih tinggi dari yang diprediksi pasar dan 100 basis poin lebih tinggi dari bank sentral tiga bulan lalu.

“The Fed tidak akan berhenti dalam waktu dekat dan akan ada periode panjang kebijakan moneter akomodatif setidaknya untuk tahun mendatang,” kata Sally Ault, kepala investasi di manajer aset JP Vere di Sydney.

“Apa yang bisa kamu beli sekarang selain dolar AS?” Dia menambahkan bahwa yen jatuh karena perkiraan pertumbuhan di Eropa, Inggris dan China dan Jepang mempertahankan suku bunga rendah.

Kurva imbal hasil AS memperdalam inversinya selama sesi bergejolak malam ini karena Treasuries jangka pendek dijual dan naik lama karena investor memperkirakan prospek pendaratan ekonomi “lunak” untuk merusak pertumbuhan jangka panjang.

READ  Harga minyak goreng dan lemak lainnya naik dengan cepat: pemilik snack bar kacau

Imbal hasil dua tahun naik menjadi 4,1230% dan terakhir di 4,0848%, sedangkan imbal hasil 10-tahun turun 6 basis poin menjadi 3,5120%. [VS/]

“Prospek soft landing dapat menurun ke titik di mana kebijakan perlu lebih atau kurang membatasi,” kata Ketua Fed Jerome Powell kepada wartawan setelah mengumumkan kenaikan suku bunga.

Naik ke depan

Di kemudian hari, pertemuan bank sentral akan diadakan di Taiwan, Jepang, Filipina, Indonesia, Inggris dan Norwegia, dengan kenaikan diperkirakan terjadi di mana-mana kecuali Jepang.

Jepang menggarisbawahi komitmennya terhadap kebijakan agresif minggu ini dengan membelanjakan 2 triliun yen ($ 13,8 miliar) selama dua hari terakhir dan mempertahankan batas 0,25% pada obligasi pemerintah Jepang 10-tahun. [JP/]

Tetapi bahkan jika kebijakan tidak diubah, banyak perhatian akan diberikan pada komentar Gubernur Haruhiko Kuroda tentang penurunan cepat yen.

Yen telah jatuh sekitar 20% terhadap dolar tahun ini, mencapai level terendah 24 tahun di 144,29 per dolar.

“Kami melihat risiko USD/JPY bergerak menuju 147 dalam beberapa bulan mendatang,” kata ahli strategi Rabobank Jane Foley dalam sebuah catatan kepada klien.

Dolar Australia dan Selandia Baru turun 0,3% menjadi $0,6611 pada hari Kamis, sementara kiwi turun 0,4% menjadi $0,5831, level terendah sejak pertengahan 2020.

Yuan China berada di sisi yang lebih lemah pada 7 terhadap dolar. Indeks dolar AS naik menjadi 111,63 dalam 20 tahun setelah kenaikan Fed.

Di pasar komoditas, harga minyak turun di tengah kekhawatiran bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan mengurangi permintaan. Minyak mentah berjangka AS menetap di $82,81 per barel di awal perdagangan Asia. Brent berjangka berada di $89,83. [O/R]

Gandum naik tadi malam di tengah kekhawatiran perang yang lebih luas dan lebih dalam di Ukraina. [GRA/]

READ  Pakar forensik Belgia ke Ukraina untuk mengidentifikasi korban perang

($ 1 = 144.3800 yen)