BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Efek keseluruhan dengan keuangan mikro

“Berinvestasi dalam keuangan mikro memiliki dampak besar. Risikonya juga lebih kecil daripada yang sering dipikirkan investor,” kata Tim Krens, manajer dana di Triodos Investment Management, yang kini memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman berinvestasi dalam keuangan mikro.

Keuangan mikro memainkan peran penting dalam membangun ekonomi yang tangguh di negara berkembang dan pasar negara berkembang. Ini memungkinkan orang untuk memulai atau mengembangkan bisnis mereka sendiri, menghemat pengeluaran tak terduga dan mendapatkan asuransi terhadap penyakit atau kebakaran.

“Secara global, 1,4 miliar orang tidak memiliki atau memiliki akses terbatas ke layanan keuangan seperti produk simpanan atau pinjaman,” kata Tim Crijns, manajer dana di Triodos IM yang berspesialisasi dalam inklusi keuangan dan keuangan mikro. “Sepuluh tahun yang lalu itu 2,5 miliar orang, jadi kami melihat kemajuan yang jelas tetapi masih ada dunia yang bisa diraih.”

derek yang kuat

Apa yang membuat keuangan mikro menjadi alat yang ampuh adalah leverage. Peran penting dimainkan oleh pemberian pinjaman kepada keluarga dan bisnis yang tidak dapat memperoleh kredit dari bank biasa atau hanya dapat meminjam uang secara informal, seringkali dengan bunga.

Krens: Berkat pinjaman ini, orang lebih percaya diri tentang pendapatan mereka dan dapat membuat cadangan untuk kejadian tak terduga. Selain itu, banyak kredit mikro diberikan kepada perempuan yang dapat menggunakannya untuk memulai bisnis, sehingga meningkatkan posisi mereka di masyarakat.”

Crijns secara teratur melihat kekuatan tuas itu beraksi. “Di Pakistan, saya berbicara dengan seorang pria yang sangat bangga dengan istrinya karena dia memberikan kontribusi lebih pada pendapatan keluarga daripada pendapatan dari tokonya. Dia memastikan anak-anak pergi ke sekolah.”

READ  Nike memperingatkan kekurangan karena masalah pasokan

kerja sama

Triodos IM tidak menyediakan kredit mikro itu sendiri. “Kami bekerja dengan seratus lembaga di empat puluh negara, yang bersama-sama menjangkau hampir 18 juta nasabah pinjaman, 78% di antaranya adalah perempuan, dan lebih dari 18 juta penabung,” jelas Krens.

“Kami berinvestasi di lembaga keuangan mikro lokal yang teregulasi, di mana kami ketat dalam seleksi kami. Kami mendasarkan lembaga ini pada cara mereka beroperasi. Bagaimana mereka memilih klien mereka? Apa manfaat yang mereka tetapkan? Apakah mereka memberikan penjelasan yang baik dan jelas tentang mereka? Produk kisaran untuk yang buta huruf secara finansial?”

Masa depan finansial berkat fintech

Menurut Crijns, citra sektor keuangan di negara-negara non-Barat perlu disesuaikan. “Ini bukan lagi hanya tentang pinjaman tunai. Di banyak negara berkembang dan pasar negara berkembang, uang digital – uang seluler – telah diciptakan selama bertahun-tahun. Kami juga melihat munculnya pemain baru di ruang tekfin, sementara LKM tradisional juga bekerja “Digitasi penuh. Apalagi di masa pandemi Covid. Perkembangan ini sudah lepas landas.”

“Di banyak negara berkembang dan pasar negara berkembang, uang digital — uang seluler — telah diciptakan selama bertahun-tahun.”

Ini juga menunjukkan diversifikasi tambahan dalam penawaran kredit LKM. “Pertimbangkan pinjaman untuk membeli panel surya, membangun kamar kecil atau membuat rumah lebih hemat energi.”

Triodos IM biasanya memberikan pinjaman, tetapi kadang-kadang juga berpartisipasi dalam modal perusahaan. Baru-baru ini misalnya pada platform crowdfunding di Indonesia. Krens: “Sebagai kontributor, kami dapat berbagi pengalaman dan membantu mitra kami berkembang lebih jauh. Beberapa telah berkembang dari LSM kecil menjadi lembaga keuangan yang dikelola secara profesional.”

Pengembalian sosial dan finansial

Masa lalu menunjukkan bahwa keuangan mikro kurang berisiko daripada yang Anda pikirkan. “Tingkat pengembalian pinjaman mikro sangat tinggi, biasanya lebih dari 95%. Ini adalah angka yang membuat iri bank-bank Barat,” Krens tertawa.

“Tingkat pengembalian pinjaman kecil sangat tinggi, biasanya lebih dari 95%”

Yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa investasi dalam keuangan mikro tidak ada hubungannya dengan pasar lainnya. “Krisis keuangan 2008/2009, misalnya, tidak banyak berpengaruh,” kata Krens.

READ  TikTokker memesan Airbnb mewah di Bali, yang ternyata menjadi reruntuhan

Jika ekonomi domestik suatu negara terpukul, biasanya ada pemulihan yang cepat. “Negara-negara berkembang dibedakan oleh fakta bahwa orang-orangnya sangat tangguh. Mereka dapat menangani kesulitan dengan jauh lebih baik.”

Selain dampak sosial yang signifikan, berinvestasi dalam keuangan mikro juga menarik dari perspektif keuangan, karena pengembaliannya positif dan cukup stabil. Krens menyimpulkan, “Berinvestasi dalam keuangan mikro adalah contoh yang baik bahwa efeknya tidak harus mengorbankan keuntungan.”