BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekonomi Belanda telah menyusut, tetapi bagaimana dengan tetangga?

Faktor lainnya adalah seberapa bergantung negara pada wisatawan dan jumlah tamu asing yang dapat mereka terima. “Misalnya, di Austria, di mana tindakan penguncian yang sangat ketat diberlakukan pada awal Oktober, musim olahraga musim dingin memainkan peran. Ekonomi Austria mengalami kontraksi sekitar 4 persen pada kuartal terakhir.”

Yang juga penting adalah kemudahan bagi penghuni untuk beroperasi dari rumah. Ini tergantung pada jenis aktivitas di negara tersebut dan tingkat digitalisasi. “Anda dapat melihat bahwa ini lebih sulit di Italia dan Spanyol, misalnya, daripada di Belanda dan Jerman.”

Apa yang menjelaskan angka positif di Tiongkok? “China memiliki dinamika sendiri. Perekonomian di sana sekarang tumbuh sangat cepat karena sektor industri mengejar ketertinggalan. Belanja domestik meningkat lagi. Negara itu sekarang kurang terpengaruh oleh virus dibandingkan negara lain di dunia.”

Lembahnya kurang dalam

Secara kebetulan, Komisi Eropa memperkirakan ekonomi Belanda tumbuh lebih lambat tahun ini dibandingkan dengan negara lain. Komite memperkirakan kenaikan 1,8 persen, dan untuk zona euro secara keseluruhan, 3,7 persen.

Di sisi lain, Belanda harus muncul dari lembah yang tidak terlalu dangkal dibandingkan negara lain. Oleh karena itu, bukan berarti perekonomian Belanda akan keluar dari krisis Corona dengan cara yang kurang menguntungkan dibandingkan negara lain pada akhir tahun ini.

READ  Kebakaran hebat di kilang minyak di Indonesia: 20 luka-luka ...