BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tamasya berkemah mengungkap hubungan antara pemerintah Inggris dan industri

Awal Januari tahun lalu, satu dari empat jet pribadi pengusaha Lex Greensel mendarat di Arab Saudi. Direktur Greensel Capital ingin berbisnis dengan perusahaan minyak negara, Aramco, jadi dia pergi berkemah di gurun bersama Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Salah satu pelobi awal Gensel juga termasuk: mantan Perdana Menteri David Cameron.

Kemudian Greensel dan Cameron menolak berkomentar Waktu keuangan Dia Dia Perjalanan berkemah Saya menunjukkan. Sejak itu, foto Grensell dan Cameron telah beredar, mengenakan jas, minum teh di lantai di tenda dan tampaknya bersenang-senang.

Dalam beberapa minggu terakhir, ternyata Cameron menganggap serius pekerjaannya sebagai pelobi: Dia telah membawa kasus Greensel ke pejabat senior, ke Bank of England, ke pejabat tinggi organisasi perawatan kesehatan Inggris, NHS. Dia menekan Jerman dan mengatur Gensel Minuman spesial Dengan Menteri Kesehatan Matt Hancock. Dia juga mengirim surat ke Menteri Keuangan, Rishi Sunak, meminta pinjaman Covid khusus untuk Greensel Bank.

Pinjaman itu tidak kunjung datang. Greensel Capital sekarang bangkrut dan ada delapan investigasi kebangkrutan yang sedang berlangsung dan kontak antara Greensel dan pemerintah Inggris. Perdana Menteri Boris Johnson juga telah memerintahkan penyelidikan atas perilaku anggota partainya. Partai Buruh menginginkan penyelidikan parlemen yang luas, tetapi tidak mendapatkan mayoritas.

Pemilu lokal dan regional di Inggris dalam sepuluh hari, dan Partai Buruh dengan senang hati menggunakan cabang-cabang kasus Greensel untuk menuduh Konservatif melakukan korupsi, Ture korupsi. Sementara itu, pengungkapan dari mantan penasihat utama Johnson, Dominic Cummings, membuat Tories bertahan. Cummings mengklaim, antara lain, bahwa Johnson ingin para donor Konservatif membayar renovasi apartemennya.

READ  Minyak sawit ternyata menjadi tempat berkembang biaknya penyalahgunaan

Cameron yakin dia berhak melobi Greensel. Namun, ia mengakui bahwa sebagai mantan perdana menteri, ia hanya perlu berkomunikasi dengan pemerintah saat ini melalui jalur resmi. Ada pelajaran penting yang bisa dipetik, katanya dalam sebuah pernyataan.

Monetisasi kesadaran

Kasus ini menjawab pertanyaan tentang keadilan dan transparansi dalam hubungan antara pemerintah dan perusahaan, yang juga relevan di luar Inggris Raya. Mantan Perdana Menteri Sir John Major percaya bahwa aturan untuk melobi mantan menteri dan pejabat tinggi harus ditulis ulang. Selain itu, kasus ini memberikan gambaran sekilas tentang elit Inggris.

Awal tahun lalu, Greensel juga mengadakan pertemuan dengan mantan perdana menteri lain yang telah membangun ketenarannya sebagai pelobi selama bertahun-tahun: Tony Blair. Greensel bertemu Blair di Forum Ekonomi Dunia di Davos dan kemudian saat wawancara dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, di Istana Merdeka di Jakarta.

Blair menasihati pemerintah Indonesia untuk memindahkan kursi kabinet dari Jakarta ke Kalimantan. Greensill Capital akan menyediakan sebagian dari dana untuk langkah tersebut, yang akan mencakup 25 miliar pound (28,7 miliar euro). Kemudian, keduanya berbicara satu sama lain tentang proyek yang sama di Tokyo. Pendiri Jepang SoftBank, Masayoshi Son, juga merupakan sponsor langkah Widodo. Selain itu, Sun meminjamkan uang tersebut kepada Gensel.

Risiko debitur

Siapakah Lex Grensel? Dan mengapa dia begitu antusias untuk berkomunikasi dengan pemerintah Inggris?

Greensel dibesarkan di Queensland, Australia, di mana keluarganya menanam semangka dan tebu. Jelas, orang tuanya, Greensel, ingin dia menceritakannya, mereka selalu mengalami kesulitan dengan debitur yang tidak membayar tepat waktu. Jadi Lex dikatakan fokus pada anjak piutang, dengan lembaga keuangan yang menangani debitur dari perusahaan tersebut.

READ  Tornado di Indonesia dan Timor Leste telah menewaskan hampir 100 orang

Secara tradisional, ini merupakan aktivitas berisiko rendah dan hasil rendah. Greensel dan lainnya membuatnya lebih menarik dan menguntungkan melalui konstruksi keuangan yang inovatif. Awalnya dia melakukannya di Citigroup, kemudian melalui perusahaan Greensill Capital miliknya.

Baca juga: Greensel dan Arcigos mengejar Credit Suisse

Pada 2012, Greensel menjalin kemitraan dengan pemerintah Inggris dan pada 2014 ia menjadi perwakilan Mahkota, dan penasihat resmi pemerintah Cameron. Dua tahun kemudian, Cameron pergi sebagai perdana menteri dan keadaan berubah. Cameron menjadi konsultan Grensel pada 2018.

Mantan perdana menteri itu juga diberi opsi di Greensel Bank, yang saat itu sedang mempersiapkan penawaran umum perdana. Pers Inggris menulis bahwa itu adalah paket opsi yang diperkirakan sekitar £ 60 juta untuk Cameron. Cameron mengatakan itu jauh lebih sedikit dari itu. Bagaimanapun: Sejak kebangkrutan, opsi tidak lagi berharga.

Sebagai konsultan, Greensel juga mulai membantu pemerintah menangani debitur pada tahun 2012. Dalam setahun, pemerintah Cameron memberikan lampu hijau untuk metode pendanaan yang mencakup pembayaran cepat ke apotek NHS. Penunjukan pertama kali diberikan kepada perusahaan lama Citigroup dan kemudian ke perusahaan swasta Greensill.

Biaya anjak piutang untuk pemerintah tidak luar biasa, tetapi proyek menghasilkan arus kas yang stabil dan, setelah menganalisanya, diberikan status Greensel Waktu Minggu. Sementara itu, dia menghasilkan banyak uang untuk perusahaan taipan baja Sanjeev Gupta. Investigasi sekarang sedang dilakukan untuk menentukan apakah pinjaman ini curang. Seorang kolumnis Financial Times mencatat bahwa Gupta baru-baru ini mulai bekerja dari gedung yang terletak di London. Enron Perusahaan energi Amerika yang nakal.

Gaji setiap hari

Setelah membayar apotek, Greensel menemukan sesuatu yang baru untuk pemerintah pada 2019. 1,3 juta orang bekerja untuk NHS; Ini adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Greensel meluncurkan aplikasi yang memungkinkan petugas kesehatan mendapatkan bayaran tidak hanya di akhir bulan, tetapi juga per hari.

READ  Genosida Jan Pieterszoon Coen

Agar aplikasi berfungsi, kerja sama NHS dan wawasan tentang manajemen penggajian tentu saja diperlukan. Melalui Cameron, Greensel memiliki akses ke pejabat senior, sekretaris NHS, administrator, dan regulator. Ini menghasilkan pengalaman skala kecil dengan aplikasi di sejumlah divisi NHS regional.

Sementara Greensel mencoba mendapatkan kesepakatan baru di Riyadh dan Jakarta, Covid menyimpulkannya. Greensel dan Cameron menggunakan krisis pada bulan Maret dan April tahun lalu sebagai argumen untuk diterapkan: Terutama sekarang, para petugas kesehatan berada di bawah tekanan yang parah, mereka tidak dapat menggunakan masalah keuangan dan harus selalu memiliki akses ke uang mereka.

Petugas kesehatan juga dirayakan pada awal pandemi di Inggris. Waktu Minggu Deskripsi tentang bagaimana rantai sandwich Pret A Manger memberikan minuman panas gratis kepada petugas kesehatan. Sehari setelah pengumuman “Pret”, Greensel muncul di TV mendorong NHS dan mengumumkan aplikasinya sebagai “Teh gratisDari Greensel Bank.

Petugas kesehatan tidak tertarik dengan aplikasi tersebut. Dan saat Covid mengamuk, rumah keuangan kartu Lex Grensell runtuh.