BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Enam tersangka dituding lalai pasca bencana kancah Indonesia

Enam tersangka dituding lalai pasca bencana kancah Indonesia

© EPA-EFE

Polisi Indonesia pada hari Kamis mendakwa enam orang, termasuk tiga petugas polisi, dengan kelalaian dan menyebabkan kematian sehubungan dengan bencana stadion hari Sabtu. Mereka akan dipenjara selama lima tahun. Demikian disampaikan Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo.

Sumber: Belgia

133 orang, termasuk 37 anak-anak, tewas dalam kerusuhan usai pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya. Saat polisi bertindak kasar, terjadi penyerbuan. Banyak orang terjebak ketika gerbang stadion tidak terbuka atau hanya bisa dibuka sebagian.

Mereka adalah direktur PT Liga Indonesia Baru yang menyelenggarakan liga papan atas tanah air, penyelenggara utama turnamen, koordinator keamanan stadion dan tiga petugas polisi yang memerintahkan penggunaan gas air mata, kata Jenderal Listio Sigit Prabowo.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pintu stadion yang tertutup dan tangga curam berkontribusi pada tingginya angka kematian. Menyusul seruan untuk penyelidikan penuh atas bencana stadion, pemerintah Indonesia telah membentuk komisi penyelidikan independen bersama.

READ  Bagaimana Belanda mendapatkan begitu banyak kekayaan dari Indonesia?