BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Estonia, Latvia, dan Lituania tidak lagi mengimpor listrik Rusia | sekarang

Negara-negara Baltik tidak lagi mengimpor listrik dari Rusia, lapor Nord Bull, bursa perdagangan listrik Eropa. Karena sanksi yang dikenakan pada Rusia setelah invasi ke Ukraina, pemasok energi Rusia InterRAO telah dilarang menjual listrik di Estonia, Latvia, dan Lithuania sejak Minggu.

Negara-negara Baltik telah berusaha untuk mengurangi ketergantungan pada energi Rusia selama bertahun-tahun. Mereka meningkatkan produksi listrik mereka sendiri dan memperkuat jaringan tegangan tinggi dengan Skandinavia. Pada tahun 2021, Latvia dan Lithuania hanya mengimpor 300 MWh listrik dari Rusia, dibandingkan sebelumnya yang 1.300 MWh.

Pada awal April, negara-negara Baltik adalah negara Eropa pertama yang mengimpor gas dari Rusia tali Taruh. Presiden Lithuania Gitanas Nauseda juga mendorong negara-negara Eropa lainnya untuk berhenti mengimpor gas dari Rusia.

Menteri Iklim dan Energi Belanda Rob Getten mengumumkan pada akhir April bahwa Belanda ingin menyingkirkan gas dan minyak Rusia sebelum akhir tahun. “Kami tidak ingin lagi mengisi perbendaharaan Putin,” kata Cetin saat itu. Dia mengakui bahwa mengurangi ketergantungan pada Rusia dalam sembilan bulan akan menjadi tantangan besar.

READ  VVD khawatir tentang Ukraina, menginginkan saran perjalanan yang lebih akurat