April 11, 2021

BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Evakuasi di Saint Vincent karena gunung berapi yang menderu, kapal pesiar dikerahkan

Di bagian utara pulau Karibia Saint Vincent, ribuan orang telah dievakuasi karena letusan gunung berapi La Soufriere yang akan segera terjadi. Pihak berwenang memperhitungkan bahwa ini bisa terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Sekitar 16.000 orang terpaksa mengungsi.

Pihak berwenang telah mengerahkan empat kapal pesiar di evakuasi, yang akan tiba di pulau itu pada hari yang sama dan mengangkut orang-orang ke pulau-pulau sekitarnya seperti Saint Lucia, Grenada, Barbados dan Antigua.

Apalagi, masyarakat bisa memilih pergi ke salah satu tempat penampungan di pulau itu. Perdana Menteri St. Vincent dan Grenadines menyarankan orang untuk divaksinasi terlebih dahulu. Tidak jelas apakah ada kapasitas yang cukup untuk ini.

Fase eksplosif

“Tiba-tiba segalanya berjalan sangat cepat,” kata seorang ahli dari Pusat Seismologi Universitas Hindia Barat kepada Associated Press. Dia mengatakan tidak mungkin untuk memprediksi apakah letusan gunung akan terjadi dalam beberapa jam atau hari. Tapi tahap letusan gunung akan terjadi secara tiba-tiba ยป.

Kepulauan Saint Vincent dan Grenadines, dengan populasi sekitar 100.000, tidak menyaksikan aktivitas vulkanik sejak 1979. Letusan La Soufriere pada tahun 1902 menewaskan lebih dari 1.000 orang.

READ  Trump Menjanjikan Bantuan: Membawa Partai Republik Kembali Berkuasa | di luar negeri