BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Evakuasi dimulai dengan desa-desa yang tertutup abu

Evakuasi dimulai dengan desa-desa yang tertutup abu

Abu menutupi beberapa desa dan ada kolom asap setinggi setidaknya 15 kilometer di atas pulau Jawa di Indonesia. Setelah gunung berapi Semeru meletus, otoritas Indonesia bersiaga tinggi. Warga kini telah dievakuasi.

Gunung berapi memuntahkan abu panas sekitar 1.500 meter ke udara, setelah itu abu tersebar dalam radius setidaknya tujuh kilometer. Ada juga banyak lahar yang mengalir menuruni lereng.

Jalan di sekitar gunung berapi ditutup

Kami mendesak orang-orang untuk menjauh dari daerah terdekat. Disarankan untuk berada setidaknya lima kilometer dari mulut kawah. Akses ke daerah sekitar gunung berapi terbatas dan sebagian besar jalan ditutup.

Menurut layanan darurat, 2.000 orang telah dipindahkan dari enam desa ke 11 tempat penampungan. Tempat berlindung disediakan untuk penduduk setempat di sekolah-sekolah dan masjid, di antara tempat-tempat lain.

Letusan Semeru mengikuti serangkaian gempa di sisi timur pulau, salah satunya menewaskan lebih dari 330 orang bulan lalu. Hujan monsun kini telah menyebabkan kubah lava runtuh, memicu letusan, menurut juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta.

Tidak ada cedera sejauh ini

Sejauh yang diketahui, tidak ada korban jiwa akibat letusan gunung tersebut. Tahun lalu, Semeru meletus sekali. Kemudian lebih dari lima puluh orang meninggal.

Gunung berapi yang tingginya sekitar 3.700 meter ini merupakan titik tertinggi di Pulau Jawa. Semeru terletak di bagian timur pulau, sekitar 640 kilometer dari ibu kota, Jakarta.

Ada 142 gunung berapi di Indonesia. Akibatnya, negara ini memiliki populasi terbesar di dunia yang tinggal di dekat gunung berapi. Sekitar 8,6 juta penduduk Indonesia tinggal dalam radius 10 km dari gunung tersebut. Negara ini terletak di apa yang disebutcincin Api’wilayah di Samudra Pasifik dengan banyak gunung berapi aktif dan sering terjadi gempa bumi.

Ladang badai Piala Dunia dirilis berkat Presiden FIFA Infantino: ‘Kamu orang yang beruntung’

Apakah Anda melihat kesalahan? Email kami. Kami berterima kasih.

Membalas artikel:

Letusan gunung berapi di Jawa: desa-desa tertutup abu dan gumpalan asap memanjang 15 kilometer

READ  Sejarah AMI Awards, Penghargaan Musik Bergengsi di Indonesia