BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Festival Film Rotterdam menyediakan karya-karya lama tersedia secara online

Apa yang akan kami lakukan tanpa semua inisiatif online baru ini? Festival Film Rotterdam bulan lalu merayakan ulang tahun ke-50 dalam bentuk encer, dengan pekan film online menarik lebih dari 132.000 kunjungan film. Banyak orang tahu di mana menemukan festival film virtual, terutama jika Anda menganggap bahwa tidak semua orang pernah menonton film sendirian, tetapi bersama-sama.

Ini akan menjadi beberapa waktu sebelum bagian kedua dari program Hari Jadi menyusul di bulan Juni, dan mudah-mudahan dengan pertunjukan luar ruangan. Tapi jangan khawatir. Festival ini telah menggali sejarahnya sendiri dan telah menghasilkan lima puluh film dari lima puluh siklus festival. Setiap beberapa minggu, kontrak dipasang secara online, mulai tahun 1970-an. Saatnya Chantal Ackermanns Jane DelmanVan Margaret Doras Lagu India Tapi terutama mahakarya Rainer Werner Fassbinder Ketakutan memakan jiwa (1974). Sebuah film tentang rasisme di Jerman pascaperang, yang tetap relevan hampir setengah abad setelah dirilis.

Angst essen Seele auf, yang diterbitkan di Belanda dengan judul Semua orang Turki disebut AliBercerita tentang pekerja kebersihan Jerman Amy dan pekerja Maroko Ali, yang berusia di bawah 20 tahun, bertemu satu sama lain di Munich pada awal 1970-an, dan menikah. Sangat menyenangkan melihat bagaimana hanya dua jiwa yang menemukan satu sama lain, tetapi lingkungan bereaksi dengan trauma terhadap hubungan tersebut. Kerabat, kolega, dan tetangga menjauh dari pasangan.

Ketakutan pada bintang memakan jiwa dalam sebuah wawancara dengan Brigitte Mira Inn Al-Hadi Bin Salem.patung

Fassbinder, yang baru berusia 29 tahun, menunjukkan dengan sangat jelas dan tepat bagaimana rasisme sehari-hari bekerja. Dimulai dengan gosip dari para tetangga. Di seberang jalan, penjual itu berpura-pura tidak mengerti bahasa Jerman saya yang rusak. Anak-anak Amy sangat kesal ketika ibu mereka melamar cinta barunya sehingga mereka kehabisan pintu, mengumumkan bahwa mereka tidak ingin melihatnya lagi. Amy diabaikan oleh teman-teman sekelasnya. Seolah sudah tidak ada lagi.

READ  Apakah pesan itu datang atau tidak: Plotnya luar biasa

Film ini menunjukkan bagaimana perilaku kelompok bekerja dan apa yang dilakukan tekanan sosial pada orang-orang. Anda melihat mekanisme pengecualian dan penekanan. Amy dan Ali melawan xenofobia, tetapi keputusasaan tumbuh. “Saya sangat senang, tapi saya juga sangat cemas,” kata Amy. Ini memilukan, terutama karena Fassbinder sangat mencintai kedua kekasih itu. Dan Anda juga merasa bahwa dia tahu apa yang dia bicarakan. Fassbinder sendiri telah menjalin hubungan jangka panjang dengan tokoh utama Maroko, Hadi Bensalem.

Ini sangat cocok di zaman sekarang ini

Menggambarkan esen Angst Seele auf sebagai salah satu film terindah, sutradara Finlandia Aki Kuresmäki menyimpulkannya sebagai berikut: “Pada akhirnya, ini semua tentang satu hal: kelembutan hati.” Inilah masalahnya. Sayang sekali Kaurismäki tidak ada dalam gambaran umum. Dia jelas seorang sutradara dengan sejarah di Rotterdam. Hal yang sama berlaku untuk pembuat film seperti Wong Kar-wai dari Hong Kong, Takeshi Kitano dari Jepang, dan Kim Ki-duk dari Korea Selatan, jadi semua orang dapat menyusun daftar sutradara favorit yang hilang. Pertanyaannya adalah apakah itu benar Selamat tinggal, Dragon Inn (2004) Yang terbaik adalah karya sutradara Taiwan Cai Mingliang, tetapi tema penutupan bioskop sangat cocok untuk saat ini.

Jelas pilihan harus dibuat, dan film-film itu entah bagaimana akan berkoordinasi satu sama lain, seperti pria / wanita, hitam / putih, utara / selatan. Ketersediaan film juga akan berperan. Sangat menyenangkan melihat itu Berhenti berpikir (1985) berhasil masuk ke dalam daftar. Ini adalah film konser luar biasa yang dibuat oleh Jonathan Demi dengan Talking Heads, yang dapat dilihat sebagai pendahulu dari film Spike Lee baru dengan David Byrne dan bandnya, Utopia Amerika.

Ada cukup permata dalam program ini. Penjual matahari kecil (1999) adalah film Senegal klasik, sebuah film indah tentang seorang gadis Senegal yang menyerah mengemis dan menjadi penjual koran, disutradarai oleh Gabriel Diop Mambetti, paman sutradara Matti Diop.

Penjual matahari kecil.  Membangun
Penjual matahari kecil.patung

Karenanya ada semua jenis tautan silang lucu untuk diikuti. Jim Jarmusch berdiri bersama Orang mati (1996) ada dalam daftar, sementara pasangan hidupnya Sara Driver satu dekade sebelumnya dapat ditemukan dalam film fiksi yang jarang ditayangkan. Tidur berjalan (1987).

Halina Rijn (kiri) di Iles Flottantes.  patung
Halina Rijn (kiri) di Pulau Terapung.patung

Belanda juga datang secara sporadis. Gitaris Belanda terkenal Gustav Leonhardt dapat dikagumi sebagai seorang Bach Kronik Anna Magdalena Bach Oleh duo Straub dan Hoylet. Sebuah film dari tahun 1968 yang diputar di Rotterdam pada tahun 1989 dan lagi minggu ini. Pulau terapung (2001) oleh sutradara Rotterdam Nanuk Leopold mewakili industri film Belanda, senang melihat debutnya bersama Halina Rijn, antara lain.

Tetapi pemenang harimau Belanda ingin: Berhenti Ditulis oleh Eugenie Janssen, kisah seorang veteran Hindia Belanda dan seorang pencari suaka muda dari Sudan, permata Belanda yang mencerminkan sebagian kecil dari Angst essen Seele auf: sebuah pertemuan yang mempesona dari dua jiwa yang terpencil dari dua dunia yang berbeda. Mungkin itu bisa dimasukkan dalam gambaran umum berikut.

50 Tahun Festival Film Internasional Rotterdam

Film masing-masing dapat ditonton dari tahun 1970-an dan 1980-an hingga 7 dan 21 April. Tahun 1990-an diikuti dari 24 Maret hingga 12 Mei. Film-film terbaru, dari dua dekade pertama milenium baru, akan dimulai pada 7 April (hingga 26 Mei) dan 21 April (hingga 9 Juni). Film pendek berharga satu euro dan film fitur seharga 4,50 euro. Tersedia di iffr.com/unleashed.