BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” akan dimulai hari ini di 7 kota di Indonesia selama 10 hari

Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” akan dimulai hari ini di 7 kota di Indonesia selama 10 hari

Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” akan dimulai hari ini di 7 kota di Indonesia selama 10 hari

Mulai hari ini hingga 25 Juni 2023, penonton bioskop Tanah Air sudah bisa menyaksikannya 73 film dari 24 negara Eropa Selama Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen” (EOS). Festival ini akan berlangsung selama 10 hari di 17 tempat 7 kota di Indonesia: Jakarta,Bekasi,Bandung,Yogyakarta,Surabaya,Denpasar,Medan. Semua penawaran gratis. Penonton dapat datang langsung ke tempat pertunjukan untuk mendapatkan tiketnya.

“Tahun ini merupakan edisi ke-23 Europe on Screen (EOS) Festival, sehingga menjadi festival film internasional terlama di Indonesia. Saya juga bangga kita akan menggelar lebih dari 230 bioskop di tahun ini. Mulai dari film drama hingga drama. komedi, dari film keluarga hingga film dokumenter, dan masih banyak lagi. “Ada sesuatu untuk semua orang,” katanya. Hai Vincent BeckettDuta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, sebelum upacara pembukaan EOS 2023 di Goethe-Institut, Jakarta.

Festival ini akan dibuka dengan film baru dari Austria. Salju pertama di musim panasSebuah komedi romantis tentang seorang pria yang bersumpah untuk tidak pernah jatuh cinta, sampai ia bertemu dengan seorang wanita cantik di toko kereta bawah tanahnya. Chris RaiberSutradara film tersebut akan hadir secara virtual untuk membahas film tersebut pada #EoS23 Film Talk melalui Instagram Live pada 17 Juni 2023 pukul 16.00.

“Merupakan suatu kehormatan istimewa untuk memiliki film Austria yang membuka Europe on Screen edisi 2023.” Austria telah memiliki industri film dan film yang aktif dan luas secara budaya sejak awal abad ke-20, dan keragaman serta luasnya industri film Austria telah berkembang. berlanjut hingga saat ini. Yang Mulia Thomas LoedelDuta Besar Austria untuk Indonesia dalam sambutannya.

READ  Mike Mills, Ayo, Ayo!

Tiga film pendek Indonesia produksi pemenang program kompetisi tahunan EOS “Short Film Promotion Project” (SFPP) 2022 akan tayang perdana pada 18 Juni 2023 di IFI Thamrin, Jakarta. Tiga film pendek pemenang SFPP 2022 adalah:

  • Dingong Lipah/Bumblebee (Drama Komedi, 13 menit, Sutradara: Jin Taegu)
  • Passage (drama, 16 menit, Sutradara: Gisela Levy)
  • Fulfillment of a Wish (Drama, 19 menit, Disutradarai oleh: Adventio Dyar)

“Kami berharap ketiga film pendek baru ini mampu berwisata ke festival dan pemutaran film lokal maupun internasional,” ujarnya. Nawal YazidWakil Direktur EOS Festival 2023.

Tahun ini, SFPP 2023 menerima 168 proposal film pendek dari para sineas pendatang baru di 32 kota di Indonesia, yang sebagian besar berdomisili di luar wilayah Jabodetabek. Oleh karena itu, sepuluh finalis akan mempresentasikan idenya secara virtual kepada dewan juri pada Selasa, 20 Juni 2023 melalui Zoom. Sesi presentasi ini akan terbuka untuk diikuti oleh publik. Adapun juri SFPP 2023 adalah:

  • Vivian Idris, Kepala Departemen Festival dan Acara Dewan Film Indonesia
  • Agung Sentausa, Dewan Produser dan Pengawas Badan Film Indonesia (BPI)
  • Lulu Ratna, dosen dan konsultan program film

Tahun-tahun ini Diskusi Film #EoS23 Istimewanya karena akan diselenggarakan secara offline. “Kesempatan ngobrol langsung dengan para sineas saat festival film terasa lebih menyenangkan, karena Anda akan mendapatkan pengetahuan langsung dan cerita di balik layar. Oleh karena itu, kami sangat antusias menyambut dua sineas asal Eropa pada tahun ini. ” Meninaputri WismurtiCo-Director EOS Festival 2023. Para direktur tamu dan workshopnya adalah:

  • Workshop: Cara Menulis Komedi Romantis dengan Marco Martanisutradara “She's The One” dari Italia (19 Juni 2023, 15.00 di IFI Thamrin)
  • Lokakarya: Melakukan lompatan dari film pendek ke film panjang pertama Anda dengan Alexander Pak SajmoSutradara film “Esther Orchestra” dari Denmark (21 Juni 2023, 16.00 SAE waktu Indonesia)
READ  Pameran "Indonesia dan Sekolah Amsterdam"

Sesi Talk Film #EoS23 lainnya yang terinspirasi oleh dua film terpilih di festival tersebut, Hewan peliharaan saya dan saya (Belanda, 2022) dan Ruiz dan Frank (Irlandia, 2022). Kedua film ini berbagi kisah tentang ikatan khusus antara hewan peliharaan dan pemiliknya, serta dampak kehadiran hewan peliharaan terhadap kesehatan mental masyarakat. Jadi, pembicaraan film #EoS23: “Hewan peliharaan kita adalah kesehatan mental kita.” Dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2023 di Erasmus Lock pukul 14.30 WIB. Diskusi akan dimoderatori oleh Stephanie Josephine (penulis) dengan Dr. Rene Komala (dokter hewan), Rizal Iwan (aktor dan penulis) dan Karen Franken (Jakarta Animal Assistance Network) sebagai pembicara.

Untuk menonton film di EOS 2023, penonton bioskop bisa mendapatkan tiket gratis di ruang festival satu jam sebelum setiap film diputar. Sebelumnya, Anda harus mendaftar dengan memindai kode QR di kantor pendaftaran. Seluruh jadwal, informasi mengenai film dan acara tambahan, serta update terkini tersedia di akun media sosial dan situs web EOS:

www.europeonscreen.org