BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film Noir – Sisi Gelap Hollywood

Ditulis oleh Editor Cultuur.

Amsterdam – Jalan-jalan hujan, asap rokok, orang-orang dari masa lalu yang kelam. Nasib Tak Terelakkan dan Wanita Pembunuh, Licik dan Mandiri Secara Seksual: Musim panas ini, Eye menghadirkan program ekstensif berdasarkan film klasik noir, dengan mahakarya seperti The Third Man dan In a Lonely Place, bersama Humphrey Bogart. Dengan cetakan vintage 35mm dan restorasi baru.
Musim panas ini, Eye Filmmuseum mencari akar film noir: film noir klasik Amerika antara awal 1940-an dan akhir 1950-an.

Krisis seringkali berdampak pada film-film yang dibuat pada saat itu. 75 tahun yang lalu ada momentum seperti itu: Perang Dunia II baru saja berakhir, semuanya hilang, masa depan tidak pasti. Di Paris, kritikus film Nino Frank mencatat bagaimana film kriminal Amerika yang pesimis, gelap, dan ironis muncul di bioskop pascaperang. Untuk mengkarakterisasi mereka, ia memperkenalkan istilah “film noir”.

Film-film pada periode ini didorong oleh novel-novel kriminal yang dibuat-buat oleh penulis seperti Raymond Chandler, Dashiell Hammett dan James M. Kaine, dan telah diadaptasi menjadi karya klasik seperti The Maltese Falcon, The Big Sleep, dan The Postman Always Rings Twice.
Sejak 1970-an, kata “noir” – yang telah menyebar di luar konteks Amerika – telah menjadi konsep dalam budaya populer. Banyak pembuat film kontemporer, mulai dari Martin Scorsese dan Paul Verhoeven hingga Christopher Nolan, Lily, dan Lana Wachowski, mengakui pengaruh film klasik hitam pada karya mereka.

Noir adalah topikal hingga hari ini. Film noir, atau “neonoir” sebagai varian modern telah datang untuk disebut, juga merupakan nama rumah tangga di dunia komik, arsitektur, dan televisi (pikirkan Skandinavia noir). Noir telah meninggalkan jejaknya pada budaya film yang paling beragam, dari Meksiko hingga Cina.

READ  Pendapatan turun untuk setengah dari populasi dunia, dan banyak orang Belanda menabung lebih sedikit

Program ini juga menyoroti peran wanita dalam film noir dan melihat lebih dekat “Daftar Hitam Hollywood” dan penampilan aktor kulit hitam awal dalam film noir.

Pola dasar wanita glamor adalah topik hangat dalam studi film hitam. Femme fatale mandiri, cerdas, cerdas, merokok, manipulatif, dan mandiri secara seksual. Bagaimana kita melihat karakter yang diperankan oleh aktris seperti Joan Crawford (Mildred Pierce) dan Jane Tierney (Leave Her to Heaven)? Bagaimana cara kerja Ida Lupino? Pada 1950-an, dia adalah salah satu dari sedikit wanita di Hollywood yang berada di belakang kamera. Dia bertanggung jawab untuk film jalan raya yang diproduksi secara independen The Hitch-Hiker.

Pada 1950-an, aktor kulit hitam Sidney Poitier dan Harry Belafonte membuat tanda mereka di noir pertama yang mencela rasisme (No Way Out, Odds Against Tomorrow). Selama periode yang sama, para pembuat film harus berurusan dengan perburuan komunisme di Hollywood. Sutradara seperti Joseph Lucy dan Jules Dassin pindah ke Eropa, dan penulis skenario seperti Dalton Trumbo dipaksa untuk terus bekerja dengan nama samaran.

Film noir bukanlah fenomena eksklusif Amerika bahkan dalam periode klasiknya: contoh paling terkenal dari film noir Eropa adalah Orson Welles’ The Third Man (1949), enam tahun kemudian Jules Dassin membuat film perampokan berpengaruh Du Rififi chez les hommes di Prancis 1955). Dan pada 1970-an dan 1980-an, pembuat film seperti Robert Altman, Alan J. Bakula, dan Queen Brothers menemukan kembali genre tersebut dalam film neo-noir seperti The Long Goodbye (1973), Klute (1971) dan Miller’s Crossing (1990).
sebuah program:

Beberapa film yang dipilih akan ditampilkan dalam tagihan tematik ganda, dengan perkenalan oleh penggemar dan pakar film noir. Pertunjukan akan berakhir pada 25 Agustus dengan pengenalan Basic Instinct (4K Restore), yang diilhami oleh sutradara Paul Verhoeven oleh Double Indemnity klasik Billy Wilder (1944).

READ  Conjure 3 HBO Max Waktu Rilis: Inilah waktu rilisnya

Gloria Graham di Humphrey Bogart di Lonely Place Van Regissor Nicholas Ray (1950) …

Film Noir – Sisi Gelap Hollywood
1 Juli t / m 25 Agustus di Museum Film Al Ain
IJ Promenade 1, Amsterdam

Informasi lebih lanjut melalui EYEFILM.NL/FILMNOIR