BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film Wadden tanpa komentar atau musik, karena Wadden cukup indah apa adanya

Keajaiban pasang surut. Peter Rem de Crone berusia sekitar 8 tahun ketika dia pertama kali mengetahui tentang dia, selama liburan bersama orang tua dan saudara-saudaranya di Laut Wadden. Saat air surut, regangkan pancing dengan kail di antara dua pasak tenda, jepit ke dermaga, tunggu sampai air pasang, lalu surut lagi, dan lihat apa yang ada di kail. Kemudian baca tentang pengaruh gravitasi bulan dan matahari di permukaan air. Catatan: sihir.

Pembuat film dokumenter berusia 66 tahun itu memikirkan hal ini saat menerima tawaran untuk membuat film dokumenter tentang Distrik Wadden. Pengalaman magis dari pasang surut harus menjadi prinsip panduan. Lebih tepatnya: “Saya ingin menggambarkan proses pasang surut sebagai jiwa.”

mengakibatkan keheningan pasang surut, sebuah film dokumenter yang mengesankan secara visual di mana De Kroon melakukan perjalanan melalui seluruh wilayah Wadden. Antara 2017 dan 2019, ia dan krunya memotret orang, hewan, dan lokasi di Belanda, Jerman, dan Denmark yang mungkin belum pernah Anda kaitkan dengan area ini sebelumnya. “Jika Anda naik feri dari Harlingen ke Terschelling dan berputar di sana, Anda mendapatkan pengalaman terbatas di Wadden,” katanya. “Jika Anda naik perahu di dataran lumpur di musim dingin dan mengering, Anda akan berakhir di dunia primitif.”

Sutradara Peter Rem de Kron.

Ini adalah dunia primal yang beragam, di keheningan pasang surutPenuh kontras, difilmkan tanpa suara, dialog, atau musik pendukung. Dari tukang pos Hani yang mengantarkan parsel di Kepulauan Halligen Jerman dengan lokomotif penumpang tunggal hingga penjaga mercusuar di Pusat Kontrol Lalu Lintas di Brandaris. Dari organis di Pellworm hingga latihan target untuk jet tempur di atas Vliehors di Vlieland. Satu menit seekor anak ayam menetas dari telur, dan hari berikutnya kami mengikuti sesi pelatihan Marinir. Kontrasnya ada di sana melawan Wadden, saya tidak perlu mencarinya. Suatu saat hampir tidak ada angin, air laut surut, Anda memiliki cakrawala 360 derajat di sekitar Anda dan sama sekali tidak terjadi apa-apa. Lalu tiba-tiba: suara pesawat F-16 yang terbang di atas memekakkan telinga. Dan kemudian benar-benar tenang kembali. Lalu ada turis yang datang di musim panas dan menghilang di akhir musim. Burung yang bermigrasi dan kembali. Ide bernafas kembali ke mana-mana.

READ  Sutradara Safi Grau (kurir): Saya tidak menembak jika cuaca di lokasi syuting tidak aman

cahaya belanda

De Kroon memulai karirnya di akhir 1970-an sebagai fotografer untuk Polygoon News. Ia belajar mengayuh sepeda, begitu ia menyebut masa itu, agar nantinya bisa dengan percaya diri fokus pada isi karyanya. Kemudian dia mengambil contoh pembuat film dokumenter besar Belanda – Joris Ivins, Hermann van der Horst, Bert Hanstra – yang menukar karyanya dengan film pesanan. Selama bertahun-tahun ia telah memproduksi “film-film bergengsi dengan kebebasan artistik yang luar biasa” untuk studio Toonder Geesink Multifilm. Film HUT ke 150 Kereta Api Belanda misalnya (Irama1989), beberapa film dokumenter produser minuman dan film memorial besar lainnya, di jalan untuk Rijkswaterstaat. Terobosannya datang setelah pergantian abad, dan dia memenangkan Golden Calf Award dan mencapai kesuksesan umum cahaya belanda (2003), di mana ia meneliti cahaya yang ditangkap oleh pelukis lanskap besar Belanda.

Lokomotif tukang pos di Kepulauan Haligan.  gambar

Lokomotif tukang pos di Kepulauan Haligan.

keheningan pasang surut Itu menonjol karena bahasa sinematiknya. De Kroon dapat mengomel dengan lucu tentang cara film dokumenter lain membawa penonton ke tangannya sendiri. Dengan “soundtrack atau trek musik yang indah yang membuat Anda merasakan keadaan yang tepat pada saat itu”. Dia lebih suka “pendekatan sinematik murni di mana gambar dan suara menceritakan kisahnya.” Dia menyukai gagasan tentang proyektor di depan layar bioskop besar yang dipaksa masuk ke mode proyeksi aktif.

keheningan pasang surut Dia mengatakan itu dibangun sesuai dengan aturan yang ketat. Jenis kemauan, sebenarnya. Jadi kamera tidak dibiarkan bergerak, tidak zoom dengan baik. Di cagar alam yang secara visual menarik dalam dirinya sendiri, Anda dengan cepat cenderung ke Schönfilmerei. Tembakan drone dilarang. Juga akrab: Saya pikir dalam beberapa tahun Anda akan dapat mempelajari semua film dokumenter era ini melalui foto drone. Bagaimanapun, angin sering kali terlalu kencang untuk drone di dataran lumpur.

cakrawala

De Kroon mengatakan pendekatan yang tampaknya bijaksana ini membuat Anda tetap sadar akan perubahan kecil dan halus yang terjadi di depan mata Anda. Dia menggambarkannya sebagai kontrol radikal. Anda juga bisa menyebutnya visualisasi sederhana. Saya melihat segala macam hal terjadi yang membuat saya terpesona, dan saya suka membaginya dengan pemirsa, tanpa menambahkan banyak. Pelukis lanskap Belanda abad ketujuh belas juga memiliki persepsi yang sederhana. Mereka menerjemahkan cahaya Belanda yang terkenal itu dengan cara yang cerdas secara teknis dan hampir tidak menambahkan apa pun. Perbedaan antara film dokumenternya dan para pelukis: cakrawala dengan mereka rendah dalam bingkai, sehingga ada banyak ruang untuk cahaya terkenal itu. De Kroon selalu menetapkan cakrawala tinggi, sehingga lumpur – “lumpur” – mendapatkan semua perhatian.

Pasang surut.  gambar

Pasang surut.

suara masuk keheningan pasang surut Menerima perawatan ekstra. Suara di Wadden sangat bervariasi, sangat halus, terkadang sangat tipis dan sangat keras. Ini juga merupakan alasan untuk tidak menyertakan komentar audio atau musik. Hanya suara kereta zip: rel berdengung, Anda dapat mendengar ketidakteraturan di roda, as longgar. Untuk menangkap semua suara dengan benar, kami memasang mikrofon di kereta. Suara mendukung gambar di sebagian besar film, dan sering terjadi di sini bahwa gambar mendukung suara.

Ada kekhasan lain: keheningan pasang surut Diproduksi di Dolby Atmos, ini adalah sistem audio yang dapat menyediakan 64 track audio. Sistem ini sering digunakan untuk film besar dengan banyak aksi, sementara cocok untuk desain suara yang lebih halus. Anda dapat menempatkan setiap suara satu per satu di luar angkasa, bahkan ke arah terbang seekor burung. Anda mendengarnya di sekitar Anda. Suara juga memberi Anda perasaan bahwa Anda berada di sana.

Lebih banyak film Wadden

Wilayah Wadden telah digambarkan dengan indah dalam sejarah film dokumenter Belanda. Johan van der Kouken dibuat pada tahun 1978 hutan datar, yang dapat dianggap sebagai daya tarik untuk pelestarian kawasan. Robin Smit Diposting di 2018 Wade – tinggal di perbatasan air dan daratdibandingkan dengan keheningan pasang surut Ini mengambil bentuk dokumenter alam klasik.