BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film yang penting: Rebellion – Arnhem Film Focus

Maya Kenworthy dan Elena Sanchez-Bilot – Britania Raya – 2021-83 min – Language: English – Subtitles: English

untuk melihat ihkv Film yang menarik minat Anda dalam turIni adalah program film dan debat nasional, menayangkan film sebulan sekali yang membahas masalah hak asasi manusia. Setelah film selesai, ada ruang diskusi dengan Jimmy Kegel dari Extinction Rebellion, di mana dia berperan sebagai, antara lain, koordinator penggalangan dana dan terlibat dalam banyak aksi langsung.

Tampilan menarik di balik layar grup aksi iklim Extinction Rebellion. Dari aksi-aksi liar dan subversif berdasarkan pembangkangan sipil dan non-kekerasan, hingga ketegangan internal dan benturan kepribadian. Ketika pihak berwenang menjadi semakin agresif, perpecahan di dalam kelompok tersebut mencapai titik didih.

“Gangguan adalah kuncinya,” kata Roger Hallam, salah satu pendiri Extinction Rebellion yang karismatik. Sebagai petani organik, Hallam menderita akibat dampak perubahan iklim, dengan gagal panen dan PHK karena cuaca yang semakin tidak menentu. Dalam setahun pembentukannya pada tahun 2018, Extinction Rebellion telah mendorong gagasan “darurat iklim” ke puncak agenda politik global.

Pemberontakan mengikuti grup dari asal-usulnya, hingga aksi pahlawan super yang menyenangkan ‘Pemberontakan April’, dan seterusnya. Kami melihat para aktivis memblokir titik akses strategis dan mengikatkan diri ke kantor Shell. Semua menurut diktum Hallam: “Jika Anda tidak di penjara, Anda tidak dalam perlawanan.” Pada saat yang sama, ketegangan internal meningkat ketika strategi, gaya, dan kepribadian bertabrakan. Akhirnya, Hallam menjadi sumber kebencian—tidak terkecuali bagi putrinya, Savannah.

Ulas dengan Jimmy Kegel

Setelah film selesai, kita akan berbicara dengan Jimmy Kegel sebagai aktivis iklim yang terlibat dalam XR. Jimmy Kegel berusia 30 tahun dan tinggal di Nijmegen. Dia belajar di Universitas Radboud, mahasiswa MA di bidang Ilmu Sosial (Penelitian) dan sedang melakukan penelitian tentang ketahanan iklim dan keadilan iklim di daerah kumuh di Indonesia. Dia sudah bersama XR sejak 2020, termasuk sebagai koordinator penggalangan dana, tetapi dia terutama melakukan banyak aksi langsung. Motifnya: “Dunia ini memiliki begitu banyak potensi untuk menjadi tempat yang hebat bagi semua orang, tetapi sayangnya dunia ini dirusak oleh minoritas kecil. Kami tidak akan mengubahnya dengan meminta secara baik-baik dan itulah mengapa saya dan banyak orang lainnya memberontak melalui pembangkangan sipil.” .

Percakapan dengan Jimmy Kegel adalah tentang strategi XR. Dengan cara apa mereka mendorong batas-batas hukum dan sejauh mana mereka bersedia memperluas atau melampaui batas-batas itu.

READ  Bulan Sejarah di Gelderland