BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gambar pertama “De Oost”, film tentang kemerdekaan Indonesia

Gambar pertama “De Oost”, film tentang kemerdekaan Indonesia

cerita

Timur Film ini mengambil latar tahun 1946 di Hindia Belanda saat itu. Johan (diperankan oleh Martin Lakmeier) adalah seorang tentara muda Belanda yang ditugaskan di Hindia Belanda. Dia dan seratus ribu tentara lainnya harus membereskan segala sesuatunya di sana.

Johan sangat menyukai komandan tentara karismatik Westerling (diperankan oleh Marwan Kenzari). Ketika perang meningkat, Westerling mengambil tindakan yang lebih keras terhadap perlawanan penduduk. Batas antara kebaikan dan kejahatan menjadi semakin kabur bagi Johan.

Timur Film ini akan dirilis di bioskop mulai 10 September.

Perjuangan kemerdekaan Indonesia

Selama perjuangan kemerdekaan Indonesia antara tahun 1945 dan 1949, Belanda terkadang bertindak dengan kekerasan yang ekstrim. Sebuah studi sejarah menunjukkan Bahwa tentara Belanda, dengan sepengetahuan pimpinan politik dan militer di Den Haag dan Batavia, secara struktural menggunakan kekerasan massal dan melakukan kejahatan perang.

Dalam kunjungan resminya ke Indonesia pada bulan Maret, Raja Willem-Alexander meminta maaf atas kekerasan Belanda selama perjuangan kemerdekaan Indonesia. Belum pernah ada kepala negara Belanda yang meminta maaf atas kekerasan Belanda selama periode ini.

READ  Aktor Willem Nygolt, 88, telah meninggal dunia.