BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gap Goble yang ceria dan ceria memadamkan 104 lilin –

GORINCHEM – Pada 5 Agustus, Jaap Göbel akan meledakkan 104 keju. Anak berusia seratus empat tahun itu tinggal bersama istrinya Jane di Rosnobyl. Pasangan ini merayakan ulang tahunnya bersama anak dan cucu.

Lahir tahun 1918

Yap lahir sebagai anak ketiga dari keluarga Gobel di Tasikmalaya, Indonesia. Ayahnya adalah seorang Belanda yang berimigrasi ke Indonesia dan bekerja di sebuah perusahaan Belanda di sana. Yap adalah nama panggilan yang diciptakan oleh ayahnya. Sebagai putra tertinggi, ayahnya memanggilnya “Tel Yap”. Nama asli Yap adalah Johan. Tapi sampai hari ini, semua orang memanggilnya Yap. Ia dibesarkan oleh seorang Belanda Indonesia dan belajar di Sekolah Belanda di Indonesia.

keluarga dan pekerjaan

Yap menikah dengan Jin di Indonesia pada tahun 1947. Mereka dikaruniai 4 orang anak. Hingga tahun 1950, Yap adalah seorang prajurit profesional di Royal East India Army (KNIL). Kemudian dia dipindahkan ke tentara di Belanda. Pada tahun 1951 ia datang untuk bekerja di Barak Gorinchem. Keluarga yang masih memiliki satu anak laki-laki pada saat itu akan tinggal di sebuah rumah yang ditunjuk oleh Departemen Pertahanan di Sarang Partridge. Pada tahun 1957, Yap mengambil pensiun bersama dari Departemen Pertahanan. Namun, kehidupan kerjanya belum berakhir. Jaap mulai bekerja untuk perusahaan terkenal Gorinchem De Vries Ruby.

Pengetahuan teknis

Yap selalu menjadi pria yang sangat energik. Dia suka berkebun dan suka berada di luar. Istrinya Jane: “Yap juga sangat teknis. Dia berhasil memperbaiki banyak peralatan rumah tangga. Dia melakukan semua ini tanpa pelatihan khusus. Meskipun dia memiliki beberapa pengetahuan teknis di sekolah kerajinan.”

Sukacita

Pada bulan Maret tahun ini, Yap mengalami stroke ringan (TIA). Dia masih belum pulih dari itu. Jin: “Saat ini, dia membutuhkan dukungan alat bantu jalan saat berjalan. Namun, dia masih berjalan-jalan setiap hari di taman kecil. Yap juga suka membaca. Sesekali dia dibawa oleh seorang anak untuk mengunjungi rumah mereka. Dia sangat menikmati ini. Suami saya masih ceria dan bercanda. Dan tahukah Anda bahwa dalam hampir 75 tahun pernikahan kami, kami tidak pernah bertengkar. “Yab, pria yang puas,” kata Jane Goebel.

READ  Saham Asia yang sedang berkembang melihat arus keluar asing bulanan terbesar dalam 20 bulan