BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gartner: Pasar cloud publik IaaS telah berkembang pesat

Pasar infrastruktur-as-a-service (IaaS) global tumbuh 41,4 persen menjadi $90,9 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan $64,3 miliar pada tahun 2020. Bersama-sama, 5 penyedia IaaS terbesar membentuk lebih dari 80 persen dari total pasar, tulis seorang peneliti Pasar Gartner. Amazon mempertahankan posisi teratas di pasar IaaS pada tahun 2021, diikuti oleh Microsoft, Alibaba, Google dan Huawei.

“Pasar IaaS terus tumbuh karena cloud-native menjadi infrastruktur untuk beban kerja modern,” kata Syed Nag, Senior Vice President Analyst di Gartner, mengenai angka tersebut. “Cloud mendukung skalabilitas dan konfigurasi yang diminta oleh teknologi dan aplikasi canggih, sementara juga memungkinkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang muncul seperti kedaulatan, integrasi data, dan peningkatan pengalaman pelanggan.”

5 teratas mengklaim lebih dari 60 persen pasar

Amazon terus memimpin pasar IaaS global dengan pendapatan $35,4 miliar pada tahun 2021 dan pangsa pasar 38,9 persen. Tingkat pertumbuhan penjualan adalah 35 persen.

Microsoft mengikuti di tempat kedua dengan pangsa pasar 21,1 persen dan pertumbuhan di atas rata-rata 51,3 persen. Perusahaan menghasilkan lebih dari $19 miliar pendapatan IaaS pada tahun 2021. Dengan begitu banyak organisasi yang sudah mengandalkan perangkat lunak dan layanan perusahaan Microsoft, cloud Azure Mirosoft berada dalam posisi untuk menangkap peluang di hampir setiap pasar vertikal.

Alibaba sekali lagi berada di peringkat ke-3 dalam menyediakan layanan cloud publik IaaS di seluruh dunia dengan pangsa pasar 9,5% dan pendapatan $8,7 miliar untuk tahun 2021 (+41,9%). Sementara Alibaba terus memimpin pasar cloud China, perusahaan juga siap menjadi penyedia regional terkemuka di Indonesia, Malaysia, dan pasar cloud berkembang lainnya. Hal ini dimungkinkan melalui pengetahuan tentang pasar lokal dan kemampuan untuk bertindak sebagai jembatan menuju perdagangan digital.

READ  Indonesia setujui vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11

“Ekosistem cloud regional menjadi semakin penting di tengah meningkatnya fragmentasi geopolitik dan persyaratan peraturan dan kepatuhan yang muncul, memberikan peluang bagi penyedia layanan dengan kehadiran regional yang kuat,” kata Nag.

Tingkat pertumbuhan tertinggi Google

Google Cloud mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi untuk lima vendor IaaS teratas, tumbuh 63,7% pada tahun 2021 menjadi pendapatan $6,4 miliar. Pertumbuhan ini didorong oleh adopsi beban kerja perusahaan tradisional yang terus meningkat dan inovasi Google dalam kemampuan yang lebih canggih seperti kecerdasan buatan dan teknologi container Kubernetes, yang didukung oleh perluasan ekosistem mitra untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas.

Meskipun pertumbuhan Huawei melambat dari lebih dari 200 persen menjadi 56,3 persen pada tahun 2021 setelah dua tahun berturut-turut, Huawei masih mempertahankan posisi kelima dalam pangsa pasar dengan penjualan sebesar $4,2 miliar. Huawei telah melakukan investasi signifikan dalam ekosistem IaaS-nya selama dua tahun terakhir, dan melalui peningkatan strategi perangkat keras terbuka, perangkat lunak sumber terbuka, dan dukungan mitra, Huawei telah mampu menawarkan penawaran komprehensif kepada universitas, pengembang, dan perusahaan rintisan.

Gartners Nag menyimpulkan, “Fase berikutnya dari pertumbuhan IaaS akan didorong oleh pengalaman pelanggan, hasil digital, dan dunia virtual pertama.” “Teknologi baru yang dapat membantu perusahaan menghadirkan pengalaman lebih dekat kepada pelanggan mereka, seperti metaverse, chatbots, dan digital twins, akan membutuhkan infrastruktur skala ultra-tinggi untuk memenuhi permintaan yang meningkat akan daya komputasi dan penyimpanan.”