BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Laurens de Winter: “Tanah adalah modal terpenting saya”

Laurens de Winter dari Akkerbouwonderneming ‘t Rietveld di Ovezande menanam kacang-kacangan, jagung manis, dan rami selain tanaman tradisional. Penyebaran risiko, rotasi tanaman dan kesuburan tanah adalah penting.

Tahun ini, petani garapan Laurens de Winter, 43, mengambil alih seluruh bisnis keluarga di Ovezande di Zeeland. Sebelumnya dia sudah bekerja sama dengan orang tuanya. De Winter sangat mementingkan risiko penyebaran dan rotasi tanaman yang luas karena kesuburan tanah.

Gandum adalah tanaman terbesar dengan luas 50 hektar, diikuti oleh kentang (25 hektar), gula bit (28 hektar), bawang (22 hektar), kacang-kacangan (12 hektar), jagung manis (8 hektar), dan rami (11 hektar ) dan alfalfa (9 hektar). Untuk bawang merah, hal ini berkaitan dengan 10 hektar set bawang merah dan 12 hektar benih bawang merah. Ukuran tanaman yang berbeda agak berfluktuasi dari tahun ke tahun.

obat ginjal

Kacang coklat dan rami adalah tanaman yang biasa ditemukan di Zeus Flandrin, tetapi de Winter memiliki pengalaman yang baik dengan ini di tanah liat Zuid Bevilland. Sebelumnya, ia menanam kacang polong kalengan, tetapi hasil finansialnya berantakan. Kemudian kacang coklat muncul sebagai pengganti. Sejauh ini, ini ternyata bukan pilihan yang salah, menurut pengusaha itu.


Saya pikir kita harus memperhitungkan fenomena cuaca yang lebih ekstrim

Laurens de Winter, petani yang subur di Ovezande

Pada musim panas 2021, de Winter juga mencapai lebih dari 4.000 kilogram per hektar tanaman kacang coklat. Ini sebagian karena kerataan dan struktur plot yang sangat dia perhatikan. Biji-bijian ditanam di bawah kontrak dengan produsen pengalengan HAK, tetapi dibeli oleh Termont & Thomes untuk dibersihkan.

READ  Waktu tunggu sertifikat vaksinasi mulai 10 Juli • Kebocoran data selama koneksi Groenlo

Dalam perjalanan ke PlanetProof

Budidaya kacang coklat telah disertifikasi Dalam perjalanan ke PlanetProof. Hal ini membutuhkan pendekatan sadar untuk perlindungan tanaman dan pengolahan tanah dan lebih banyak ruang untuk alam dan lingkungan di tingkat perusahaan. Lembaga inspeksi melakukan kunjungan setiap tahun. De Winter: ‘Anda membangun poin sesuai dengan sistem hadiah. Jika semuanya terpenuhi, tanda plus akan mengikuti harga pembayaran.

Ini adalah tahun yang baik untuk kacang. © Anton Dengemansi

Perkebunan yang subur bersertifikat GAP Global untuk kentang, bawang, dan jagung manis. Setengah dari benih bawang merah ditanam di bawah kontrak dengan Indonesia melalui MSP Onions di Nieuwdorp. Setengah lainnya dijual bebas bea. Kentang – varietas Melody dan Mozica – sering digunakan sebagai kentang ekspor. Semakin banyak orang yang meminta sertifikasi GAP Global.

Penuh atau setengah botol

De Winter memasok jagung manis ke Farmpack di Kapelle. Di sana, jagung langsung diproses dan dibekukan. Setelah jagung manis dikemas, ia berakhir di toko sebagai tongkol utuh atau dibelah dua. Semuanya berorientasi pada pasar segar. Jagung manis sangat diminati terutama di Skandinavia.

“Budidaya ini tidak bisa dibandingkan dengan jagung biasa karena risiko budidayanya lebih besar,” kata pengusaha itu. “Tahun lalu sangat kering dengan perkecambahan dekat, dan tahun ini banyak jagung berkecambah hilang untuk gagak. Beberapa malam yang dingin di sekitar munculnya jagung manis bisa berakibat fatal, karena merupakan tanaman tropis.

irigasi

De Winter Rey dapat menampung hampir tiga perempat dari plotnya. Ini terutama bidang tanah di sekitar tempat perusahaan. Plot yang tersisa terletak di dekat tanggul Westerschelde dan sering ada selang transportasi di sana selama musim tanam. Pengusaha berinvestasi dalam dua rol dengan pompa. “Saya pikir kita harus memperhitungkan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem di masa depan.”

READ  Opini: Keterlibatan Belanda dalam perbudakan dimulai di kepulauan Indonesia

Selama beberapa tahun, de Winter telah bereksperimen dengan membajak bawang, kentang, sereal, dan bit gula secara tidak terbalik. Tanahnya datar di musim semi dan kemampuan untuk mempertahankan kelembaban lebih baik. Saya melihat lebih banyak karya puitis. Tantangannya di sini adalah memasukkan sisa tanaman dan pupuk hijau.

Zuid-Bevelander sangat memperhatikan intensifikasi kehidupan tanah dan kesuburan tanah. Ia berusaha menjaga kandungan bahan organiknya melalui pemilihan rencana tanam yang seimbang, dan penggunaan pupuk hijau dan pupuk jamur secara maksimal. “Tanah adalah modal terpenting saya dan saya harus berhati-hati dengannya.”

peraturan baru

Bagaimanapun, ada banyak tantangan bagi petani yang subur. “Kami menghadapi banyak peraturan baru,” kata de Winter. Perjalanan akan berurusan dengan itu di perusahaan. Beberapa tanaman akan menjadi lebih sulit karena produk perlindungan tanaman tidak lagi tersedia. Pelanggan juga akan memesan lebih banyak.

Pada saat yang sama, perdagangan global menjadi lebih kacau, kata pengusaha itu. “Kontainer, misalnya, sangat mahal saat ini. Kentang dan bawang pada dasarnya pergi ke luar negeri, jadi kami perhatikan. Tapi pada akhirnya, perdagangan berlanjut. Tentu. Saya pikir saya bisa mengekspresikan ambisi saya dalam perkembangan ini saat ini.

Di tempat yang sama hampir tiga ratus tahun yang lalu.
Di tempat yang sama hampir tiga ratus tahun yang lalu. © Anton Dengemansi

Bisnis keluarga selama hampir tiga ratus tahun

Laurens de Winter, 43, bergabung dengan bisnis keluarga seluas 160 hektar di Ovezande, Zeeland pada tahun 2005. Dia menikah dengan Sophie dan mereka memiliki dua putri: Leicky (8) dan Ferrel (6). Laurens adalah generasi keempat dari De Winter. Pertanian yang subur itu sudah ada sejak tahun 1730, kata Pastor Laurent de Winter (66). Melalui garis wanita, perusahaan telah berada di keluarga selama hampir tiga ratus tahun.