BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gazprom akan memasok lebih banyak gas ke Eropa Barat, apakah gas akan menjadi lebih murah lagi?

Butuh beberapa saat sebelum stok kembali ke level rekor, kata Goth: “Cadangan gas berkalori tinggi kami sekarang sekitar 28 persen, dan dapat diisi ulang sekitar 0,8 persen per hari. Jadi saya masih berlimpah. 70 hari lagi. sebelum ini kembali Persediaan ke standar. Gas kalori tinggi adalah jenis gas yang sebagian besar didatangkan dari luar negeri, dan bukan berasal dari lapangan gas Groningen.

“Pasar akan menjadi lebih santai”

Konsultan energi Lucia van Geuns dari Pusat Studi Strategis Den Haag juga agak positif: Pasar akan “lebih santai” sekarang karena Gazprom mulai menabung lebih banyak lagi, katanya melalui telepon. “Jika lebih banyak tersedia untuk pasar bebas lagi, pelaku pasar dapat membeli lebih banyak gas di ‘pasar spot’, pasar gas jangka pendek.”

Tetapi konsumen tidak akan menyadarinya untuk sementara waktu, kata van Geuns: Tidak mungkin untuk memprediksi kapan harga energi mereka juga akan turun. “Ini mirip dengan harga minyak: ketika turun, Anda tidak melihatnya langsung di pompa bensin.”

Psikologi pasar

Seperti yang diperingatkan Rene Peters dari lembaga penelitian TNO terhadap ekspektasi yang terlalu tinggi dalam hal pemotongan harga: “Sekarang Gazprom akan mengisi ruang penyimpanan yang terletak di Eropa Barat, misalnya ladang Bergermeer yang besar di utara Belanda. Tapi ini tidak berarti bahwa ada cukup gas di pasar. Dan ketika menyentuh pasar, itu tidak akan menjamin harga rendah.”

Keuntungan utama dari langkah Gazprom terutama terletak pada “psikologi pasar”, Peters mengatakan: “Harga gas tidak hanya bergantung pada penawaran dan permintaan, tetapi juga pada ekspektasi, harapan, dan ketakutan. Beberapa keraguan tentang apakah Rusia akan mampu untuk menyediakan lebih dari yang telah disepakati Itu secara kontraktual, bahkan jika mereka menginginkannya. Sekarang mereka menawarkan: ‘Kami dapat menghemat lebih banyak bahan bakar dan kami akan melakukannya.’ Itu sendiri merupakan tanda positif dan kemungkinan akan mengarah pada penurunan harga.”

READ  Parlemen Eropa ingin memaksa Komisi untuk mengambil tindakan terhadap Polandia

mitra terpercaya

Jelas bagi para ahli mengapa Putin mengambil langkah ini: “Rusia ingin dilihat sebagai mitra yang dapat diandalkan,” kata Goth. “Masalah dengan Moldova tidak membuat mereka berbuat apa-apa dalam hal ini,” Van Geuns menambahkan: Diumumkan kemarin bahwa Rusia telah meminta pemerintah Moldova untuk meninjau kembali perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa dengan imbalan harga gas yang lebih rendah.

Van Geuns: “Ini dilihat sebagai penggunaan gas sebagai senjata politik. Dan Rusia sendiri juga bisa menderita karena hal ini, karena mereka membutuhkan Barat sama banyaknya dengan arah yang berlawanan.”

Dia menjelaskan, sebagian besar infrastruktur ekspor gas Rusia menargetkan Eropa Barat. Dan tidak seperti LNG, Anda tidak dapat mentransfernya ke area lain. Selain itu, Rusia secara alami melihat transisi energi akan datang dan ingin menjual gas sebanyak mungkin dalam beberapa dekade mendatang.