BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gereja Katolik Belanda mendapat skor buruk dalam Indeks Pelangi Eropa

Situasi kaum homoseksual dan transgender di Gereja Katolik Roma di Belanda lebih buruk daripada di gereja-gereja di banyak negara Eropa lainnya. Ini jelas dari orang Eropa pertama Pointer pelangi Untuk gereja-gereja yang diterbitkan hari ini.

Gereja Protestan di Belanda (PKN) berjalan dengan baik. Itu di tempat kelima dalam peringkat Eropa. Nilai terbaik adalah Gereja Metropolitan Komunitas Ekumenis Finlandia, yang didirikan oleh kaum gay, gay, biseksual dan transgender. Ini diikuti oleh Gereja Lutheran di Swedia, Gereja Protestan di Swiss dan Gereja Lutheran di Norwegia.

Indeks tersebut memeriksa kebijakan penerimaan 46 gereja Katolik, Protestan dan Ortodoks Timur di 33 negara Eropa.

Gereja Katolik Jerman lebih lunak

Hak LGBT di Gereja dan peran denominasi dalam debat publik tentang hak-hak orang lesbian, gay, biseksual, transgender dan interseks diperiksa.

Profesor Helen Zurgdrager dan Associate Professor Raine Brewer dari Universitas Teologi Protestan (PthU) di Amsterdam dan Groningen juga berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Di antara umat Katolik Roma, Gereja Katolik di Jerman adalah yang paling terbuka tentang gay. Ini tidak mengherankan bagi Zurgdragger dan Bruer. Di Jerman, selain Konferensi Waligereja, ada dewan penasihat sekuler yang mencakup wanita, lesbian, gay, biseksual, transgender, dan wanita interseksual. “Akibatnya, ada lebih banyak percakapan di gereja dan ini membuat segalanya bergerak,” kata Brewer. dengan tulus.

Gereja-gereja di Belarus dan Polandia adalah yang paling tidak toleran

Breuer merujuk di surat kabar, antara lain, kritik tajam terhadap orang Jerman ketika Vatikan baru-baru ini menegaskan bahwa pernikahan hanya untuk pria dan wanita. Hampir tidak ada kritik dari Gereja Katolik Belanda.

READ  Sebuah insiden penembakan kriminal di mana seorang wanita berusia 20 tahun tewas, tidak diketahui

Gereja Katolik Belanda menempati urutan ke-30 di peringkat Eropa, di bagian bawah. Prancis, Italia, dan Belgia dianggap lebih tinggi, dan kelompok LGBT juga berperingkat lebih baik dalam Gereja Katolik di Irlandia, Rumania, dan Hongaria. Di Eropa, Gereja Katolik di Belarus dan Polandia mendapat nilai terburuk dalam hal penerimaan gay.

Menurut profesor Brower, gereja Katolik melakukan hal yang lebih buruk daripada Protestan dalam menerima homoseksual. Dia berkata di Trouw bahwa ini mungkin karena gereja Protestan lebih bebas memilih jalurnya sendiri. Doktrin di Gereja Katolik lebih meyakinkan.