BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

GPU paling menarik saat ini – ulasan

GPU paling menarik saat ini – ulasan

Singkatnya

Blade 18 adalah laptop besar dan kuat dengan berat 3,06kg, tetapi dibuat dengan indah, seperti yang biasa kita lakukan dari Razer. Perangkat kerasnya sangat mulus dan prosesor Core i9 serta kartu video RTX 4080 memastikan performa luar biasa dalam game. Laptop ini juga dilengkapi dengan webcam HD yang mengesankan, pengenalan wajah, layar yang terkalibrasi dengan baik, dan slot M.2 kosong jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan. Sayangnya, layar memiliki waktu respons yang mengecewakan, keyboard tidak dapat mengetik dengan baik, dan pendinginan menimbulkan banyak kebisingan saat bermain game. Laptop ini mungkin terlihat bagus, tetapi kekurangannya tidak sesuai dengan label harga yang agak mahal.

18 inci adalah ukuran baru yang akan Anda lihat di laptop gaming tahun ini. Saya sebelumnya mengulas ASUS SCAR 18 dan sekarang giliran Razer Blade 18. Blade 18 sangat mirip dengan model ASUS. Ini memiliki papan 18 inci yang sama bersama dengan prosesor Intel HX generasi ke-13, tetapi Blade menampilkan kartu grafis RTX 4080. Ini adalah kartu grafis yang saya harapkan saat meninjau laptop pertama generasi ini yang akan menawarkan yang terbaik bang untuk uang, Apakah ini benar?

Pertama-tama, bagian luar laptop: “Razer” yang sangat mudah dikenali. Anda sering mendengar bahwa laptop Razer terlihat seperti perangkat Apple, yang masuk akal karena filosofi desain kedua perusahaan serupa. Keduanya sama-sama suka merakit laptop dengan bodi metal dan tampilan minimalis. Namun, tampilannya yang ramping tidak dapat menyembunyikan fakta bahwa laptop ini sangat besar dengan ukuran 18 inci. Seluruh sasis terbuat dari logam dan beratnya hanya lebih dari tiga kilogram, jadi ini bukan perangkat yang bisa Anda bawa. semua rapi selesai; Anda tidak melihat jahitan yang tidak pas dan segel layar bagus dan basah, setelah itu tetap pada posisi itu secara magnetis. Anda tidak melihat kisi-kisi mewah untuk mendinginkan perangkat panas, yang juga merupakan bagian dari desain minimalis.

READ  Ulasan: Mario + Rapids: Sparks of Hope adalah game Mario yang sangat Eropa | Ulasan

Razer juga percaya, seperti Apple, bahwa keypad numerik tidak termasuk dalam laptop. Ini menghasilkan keyboard yang terpusat dengan baik, dan cukup banyak ruang di samping. Ada rumah berlubang dan speaker besar diharapkan ada di tempat itu. Ini agak mengecewakan. Mereka menghasilkan volume yang layak, tetapi suaranya sama melengkingnya dengan speaker dari laptop seharga lima ratus euro. Biasanya Anda tidak dapat berharap banyak dari speaker laptop, tetapi beberapa laptop kelas atas, seperti Apple MacBook Pro, mereproduksi nada rendah dengan cukup baik. Blade 18 tidak bisa melakukan itu.

Saya juga bukan penggemar keyboard. Anda dapat membuat lampu latar berkedip dalam berbagai pola dan warna dan semuanya terlihat sangat elegan, tetapi tulisannya tidak bagus. Ini karena casing logam, seperti pada hampir semua laptop, berlanjut di sekitar tombol, sedangkan tombol tidak “menonjol” terlalu jauh. Jika Anda menekan tombol dan tidak menekannya langsung dari atas tetapi sedikit dari samping, Anda menekan logam casing saat Anda menekannya. Ini tidak terjadi dengan laptop lain.

Jika Anda melihat touchpadnya, Anda juga bisa melihat kemiripannya dengan laptop Apple. Touchpadnya besar dan memiliki permukaan kaca. Ini bekerja dengan sangat baik. Dibutuhkan sedikit usaha untuk membuat gerakan multi-sentuh dan mereka mendaftar secara akurat. Sama seperti sasis yang dilengkapi dengan indah, touchpad memberi kesan bahwa desainnya telah dipikirkan dengan matang, dan Razer telah memilih suku cadang kelas atas. Anda juga dapat melihat ini menggunakan webcam, misalnya. Ini bukan kamera HD atau Full HD sederhana, tetapi dengan resolusi 2560×1440 piksel. Kamera juga dilengkapi dengan LED infra merah, sehingga Anda dapat login menggunakan pengenalan wajah.

READ  Game pertarungan indah penuh nostalgia - Review

Tergantung bagaimana Anda menggunakan laptop ini, penempatan port bisa menjadi kekurangan dalam desain cantiknya. Laptop 18 inci tidak mengundang Anda untuk sering membawanya; Laptop seukuran ini seringkali berada di tempat yang sama, jadi akan lebih mudah jika sebagian besar sambungannya ada di belakang sehingga kabel tidak terlihat. TIDAK. Ruang untuk itu, karena layar ditempatkan “di belakang” rumahan dan bukan “di atasnya”, jadi semua sambungan ada di sisi kiri dan kanan.

Tidak ada yang perlu dikritik tentang koneksi itu sendiri. Di sebelah kiri, di sebelah catu daya, terdapat koneksi Ethernet 2,5Gb, dua port USB “biasa” dengan maksimum 10Gb/dtk, dan koneksi Thunderbolt 4. Anda juga dapat menggunakan koneksi ini untuk mengisi daya laptop Anda, dengan maksimum dari 100W. Itu tidak cukup untuk mengganti adaptor 330W yang disertakan, tetapi berguna untuk dapat mengisi daya laptop Anda jika Anda tidak memiliki pengisi daya yang disertakan.

Di sebelah kanan adalah koneksi HDMI 2.1 dan koneksi USB-C dan USB-A lainnya, keduanya berjalan pada 10Gb/s. Terakhir, Razer membuat pembaca kartu — yang telah dikurangi oleh banyak pesaing.