BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Grup D Piala Asia – Jepang, Irak, Vietnam, Indonesia

Grup D Piala Asia – Jepang, Irak, Vietnam, Indonesia

Statbox tentang grup keempat Piala Asia yang akan digelar di Qatar periode Januari mendatang. 12 hingga 10 Februari:

Jepang

Peringkat FIFA: 17

Hasil terbaik: Juara (1992, 2000, 2004, 2011)

Pelatih: Hajime Moriyasu

Pandangan: Jepang tampil impresif pada tahun 2023 dan hanya kalah satu kali sejak tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022, mengalahkan Jerman, Kanada, dan Turki dalam beberapa bulan terakhir.

Tim Jepang, tim dengan peringkat tertinggi di kompetisi ini, memiliki skuat yang penuh dengan pemain yang berkompetisi di liga-liga top Eropa dan difavoritkan untuk memenangkan gelar kelima yang memperpanjang rekor.

Irak

Peringkat FIFA: 63

Skor Terbaik: Juara (2007)

Pelatih: Jesus Casas (Spanyol)

Prospek: Persiapan Irak untuk turnamen ini cukup menjanjikan, karena juara tahun 2007 itu mengalahkan Arab Saudi dan Qatar dalam perjalanan mereka memenangkan Piala Teluk Arab tahun lalu.

“Singa Mesopotamia” juga memenangkan Piala Raja – turnamen persahabatan yang diadakan di Thailand – September lalu, dan meraih kemenangan atas rival grupnya Vietnam dan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia November lalu.

Vietnam

Peringkat FIFA: 94

Hasil terbaik: Perempatfinal (2007, 2019)

Pelatih: Philippe Troussier (Prancis)

Pandangan: Setelah serangkaian cedera pada pemain kuncinya, Vietnam kemungkinan akan kesulitan untuk keluar dari grup sulit di Qatar dan mengulangi laju mereka ke perempat final pada tahun 2019.

Namun, mereka akan melihat peluang mereka untuk memenangkan pertandingan grup kedua dari belakang melawan Indonesia, yang mereka kalahkan di semifinal Kejuaraan AFC tahun lalu.

Indonesia

Peringkat FIFA: 146

Hasil terbaik: babak penyisihan grup (1996, 2000, 2004, 2007)

Pelatih: Shin Tae-young (Korea Selatan)

Harapan: Indonesia menduduki peringkat kedua di antara tim-tim yang paling tidak lolos ke turnamen ini, dan peluang mereka untuk keluar dari grup untuk pertama kalinya tampak kecil.

READ  Menyingkirkan Taylor Fritz di Roland Garros dan Casper Rudd ke babak keempat | olahraga

Mereka absen pada turnamen tahun 2019 karena larangan FIFA, dan meskipun antusias untuk pertandingan di kandang sendiri, hasil terbaru menunjukkan kemenangan ketiga dalam kampanye Piala Asia kelima mereka mungkin merupakan hal terbaik yang bisa mereka harapkan. Reuters