BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia bisa saja kehilangan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena menolak menerima tamu Israel

Indonesia bisa saja kehilangan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena menolak menerima tamu Israel

Indonesia bisa kehilangan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan lolos ke Piala Dunia 2026 setelah menolak menjadi tuan rumah timnas Israel, lapor Associated Press.

FIFA membatalkan acara pendahuluan yang penting setelah gubernur regional dan pengunjuk rasa menuntut agar tim tersebut dikeluarkan dari Israel, dan turnamen yang dijadwalkan dari 20 Mei hingga 11 Juni mungkin ditangguhkan.

Pengundian resmi tugas grup Piala Dunia U-20 seharusnya dilakukan di Bali pada hari Jumat, namun FIFA membatalkan acara tersebut setelah gubernur pulau tersebut, Ian Koster, menyerukan agar tim Israel dilarang bermain di sana.

Tim Israel yang baru pertama kali mengikuti turnamen ini seharusnya bermarkas di Bali, yang merupakan salah satu dari enam stadion yang rencananya akan digunakan sebagai tuan rumah pertandingan turnamen tersebut.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada hari Selasa bahwa partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 tidak berarti perubahan dalam kebijakan luar negeri negaranya, dan mengatakan bahwa olahraga tidak boleh dicampur dengan politik.

Ia mengatakan dalam pidatonya, “Saya menjamin di sini bahwa partisipasi Israel tidak ada hubungannya dengan konsistensi posisi kebijakan luar negeri kami terhadap Palestina, karena dukungan kami terhadap Palestina selalu kuat dan solid.”

Demonstran berbaris selama protes di Jakarta, Indonesia.A.B. Ahmed Ibrahim)

Menurut peraturan FIFA, negara tuan rumah turnamen internasional mana pun harus mengizinkan penggemar dari seluruh dunia untuk menghadiri pertandingan tersebut, seperti yang terjadi pada Piala Dunia musim dingin lalu di Qatar.

Meskipun tidak ada hubungan diplomatik, Kementerian Luar Negeri Israel membuka kantor sementara di negara Teluk tersebut selama turnamen, dan penerbangan langsung antara Doha dan Tel Aviv beroperasi secara terbatas.

READ  Teater dan museum berubah menjadi salon rambut dan gym hari ini

media Argentina Amarilla ganda Asosiasi Sepak Bola Argentina dilaporkan telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut jika FIFA memutuskan untuk mencabut hak tuan rumah.

Tim U-20 Argentina tidak akan mengikuti turnamen tersebut, setelah gagal lolos melalui Amerika Selatan pada Januari lalu. Jika negara Amerika Selatan mengambil alih tanggung jawab sebagai tuan rumah, Argentina dapat lolos ke turnamen tersebut sebagai negara tuan rumah.