BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung berapi aktif terbesar di dunia meletus di Hawaii |  Luar negeri

Gunung berapi aktif terbesar di dunia meletus di Hawaii | Luar negeri

Gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa, telah meletus di pulau Hawaii, AS, lapor media internasional. Pihak berwenang memperingatkan penduduk terdekat tentang puing-puing yang berjatuhan dan abu vulkanik.

Letusan dimulai pada Minggu malam (waktu setempat). Pada Senin pagi, USGS melaporkan aliran piroklastik telah terdeteksi di puncak gunung berapi. Saat ini, desa tetangga belum terancam.

Namun, organisasi itu memperingatkan warga di sekitar gunung berapi untuk bersiap menghadapi letusan. Layanan mencatat bahwa fase awal letusan seringkali tidak dapat diprediksi dan aliran piroklastik dapat dengan cepat berubah arah.

Para ilmuwan telah memantau Mauna Loa selama beberapa waktu karena getaran baru-baru ini di sekitar puncak gunung berapi. Letusan terakhir gunung berapi itu terjadi pada tahun 1984.

Mauna Loa naik 4.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi aktif terbesar di dunia. Gunung berapi terdekat Kilauea jauh lebih kecil, tetapi menyebabkan banyak kerusakan di pulau itu selama letusan pada tahun 2018. Kemudian letusan itu menghancurkan setidaknya tujuh ratus rumah di dekatnya.

Beberapa lereng Mauna Loa lebih curam daripada Kilauea, sehingga lahar dapat mengalir menuruni bukit lebih cepat. Selama letusan gunung berapi pada tahun 1950, lahar mengalir sejauh 15 mil ke laut dalam waktu tiga jam.

READ  Bocah (15) tewas dalam kecelakaan lintas alam melintasi perbatasan Belgia: 'Ini seperti bom' | di luar