BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung berapi meletus di Indonesia, menewaskan setidaknya satu dan melukai puluhan

Badan Perlindungan Lingkungan Hidup / Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

NOS. Beritakankandiubah

Setidaknya satu orang tewas akibat letusan gunung berapi aktif Semeru di pulau Jawa, Indonesia. Pihak berwenang mengatakan setidaknya 41 orang terluka.

Awan hitam pekat dengan abu dan gas yang keluar dari gunung berapi. Lava juga mengalir dari gunung berapi. Banyak orang di daerah itu melarikan diri dan ratusan orang dibawa ke tempat penampungan sebagai tindakan pencegahan.

Orang-orang diimbau untuk tinggal setidaknya 5 kilometer dari kawah. Banjir juga terjadi akibat cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

lapisan tanah liat yang tebal

Abu dari gunung berapi, dikombinasikan dengan lava dan hujan, menciptakan lapisan lumpur yang tebal. Menurut pihak berwenang, ini mengakibatkan hancurnya dua jembatan dan beberapa rumah. Korban meninggal dunia dengan luka bakar parah. 41 orang lainnya juga mengalami luka bakar. Beberapa orang masih hilang, termasuk beberapa penambang.

Gunung berapi dengan ketinggian sekitar 3.700 kali ini telah meletus beberapa kali dalam setahun terakhir. Indonesia terletak di apa yang disebut “Cincin Api”, sebuah daerah di mana banyak terjadi letusan gunung berapi dan gempa bumi.

READ  Saingan Bayern Munich Ryan Gravenburch untuk sementara dikeluarkan olahraga