BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung berapi Merabi di Indonesia meletus, menghentikan pertambangan dan pariwisata

Gunung berapi Merabi di Indonesia meletus, menghentikan pertambangan dan pariwisata

berita NOS

Sebuah gunung berapi bernama Merapi telah meletus di pulau Jawa, Indonesia. Gunung berapi mengeluarkan asap tebal; Aliran vulkanik dengan bebatuan menuruni lereng gunung. Desa-desa di daerah tersebut tertutup abu karena matahari tidak terlihat akibat letusan gunung berapi.

Tidak ada laporan korban jiwa. Pihak berwenang Indonesia telah menangguhkan kegiatan pertambangan dan pariwisata di daerah tersebut.

Lihat awan abu dari gunung berapi di sini:

Gunung Merapi meletus di Jawa

Merapi adalah gunung setinggi hampir 3000 meter yang terletak beberapa puluh kilometer dari kota Yogyakarta. Beberapa ratus ribu orang tinggal dalam radius sepuluh kilometer di sekitar gunung berapi.

Indonesia memiliki sekitar 120 gunung berapi aktif, dimana Gunung Merapi adalah yang paling aktif. Pada 2010, sebuah ledakan menewaskan 347 orang. Letusan tersebut merupakan yang terkuat sejak tingkat siaga gunung berapi dinaikkan ke tingkat tertinggi kedua pada November 2020.

Letusan gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi di Indonesia. Kepulauan ini terletak di kawasan berbentuk tapal kuda yang dikenal sebagai Cincin Api, yang memiliki aktivitas seismik tinggi akibat pergeseran lempeng tektonik.

READ  'Gambaran dekolonisasi Hindia Belanda tidak terpaku'