BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung Merapi di Indonesia meletus, memuntahkan segumpal panas

Gunung Merapi di Indonesia meletus, memuntahkan segumpal panas

Gunung Merapi di Indonesia meletus pada hari Sabtu, memuntahkan semburan panas hingga tujuh kilometer jauhnya, kata badan penanggulangan bencana Indonesia dalam sebuah pernyataan.

Sebuah gunung berapi di wilayah eksotis Indonesia di Yogyakarta meletus sekitar pukul 12 siang waktu setempat (0500 GMT) dan aliran lahar terlihat sejauh 1,5 km, kata pihak berwenang setempat.

Warga masyarakat sekitar telah diperingatkan untuk menghentikan semua aktivitas di zona bahaya, radius tiga hingga tujuh kilometer di sekitar kawah, kata pernyataan itu.

Dengan ketinggian 2.963 meter, Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia dan sudah berada pada tingkat siaga tertinggi kedua di negara ini.

Yuliando, petugas pos pemeriksaan setempat, mengatakan tidak ada warga yang dievakuasi.

“Baru sekali terpantau, dengan 5-6 longsoran. Jika cakupannya terus bertambah dan jaraknya lebih dari 7 km, warga akan diimbau untuk mengungsi,” ujarnya.

Terletak di Cincin Api Pasifik, Indonesia memiliki lebih banyak gunung berapi daripada negara lain. Wabah kekerasan terakhir Merabi terjadi pada tahun 2010, menewaskan lebih dari 350 orang.

READ  Lions Golf Day Land van Kuijk dan Limburg Utara: Golf untuk tujuan baik - Iklan Boxmeer | Segitiga massa