BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gurita pelangi yang sangat langka muncul di Australia

Shackleton melihat seekor gurita di lepas pantai Pulau Lady Elliot di Great Barrier Reef. “Saya terus berteriak melalui tabung pernapasan saya, ‘Ini selimut gurita!’ Saya sangat bersemangat karena saya merasa sulit menahan napas untuk menyelam dan memotretnya.”

Kunci berat

Gurita selimut jarang ditemukan di alam liar. Menurut Shackleton, gurita hanya pernah terlihat di area yang sama tiga kali sebelumnya. Gurita massal umumnya menghabiskan siklus hidup mereka di laut terbuka, jadi tidak biasa melihatnya di terumbu karang.

Pertama kali seorang pria terlihat hidup adalah 21 tahun yang lalu. Ada juga perbedaan besar antara selimut gurita jantan dan betina. Sementara betina mencapai panjang 2 meter, jantan tidak lebih dari 2,4 sentimeter. Betina bisa mencapai 40.000 kali lebih berat daripada jantan, yang merupakan perbedaan terbesar dalam berat antara jenis kelamin daripada hewan lain di dunia.

“Saya sangat terpesona dengan gerakannya, seolah-olah hewan berjubah berduri itu menari di air,” kata Shackleton. “Warna-warna cerahnya begitu luar biasa sehingga Anda tidak bisa mengalihkan pandangan darinya. Sejujurnya saya belum pernah melihat yang seperti ini dan tidak berpikir saya akan pernah melihatnya lagi.”

READ  Mengapa Belarus mengirim migran ke Uni Eropa? 'Seluruh sistem malu'