BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hanya satu negara di jalur untuk mencapai tujuan iklim – VNL

Jika dunia ingin mencapai tujuan iklim Perjanjian Paris, ia harus membuat kemajuan lebih lanjut. Saat ini hanya satu negara yang berjalan dengan baik. Itu Gambia.

Menurut sebuah laporan baru, 35 negara telah disurvei, termasuk penghasil emisi CO2 terbesar. Uni Eropa secara keseluruhan dilihat. Meskipun disepakati pada tahun 2015 bahwa pemanasan global di Paris harus dijaga di bawah 1,5 derajat Celcius, hampir tidak ada negara yang mencapai hal ini.

“Bahkan negara-negara dengan tujuan yang serius tidak berada di jalur yang tepat untuk mencapainya, sementara yang lain tidak datang dengan komitmen yang kuat untuk tahun 2030,” katanya. Dalam pernyataan Analisis Iklim Bersama dan Institut Iklim Baru, dari Pelacak Aksi Iklim.

“Dengan langkah saat ini, kami memperkirakan emisi global akan tetap sama pada 2030. Kami akan melepaskan dua kali lipat dari yang dibutuhkan untuk kisaran 1,5 derajat,” katanya.

Laporan tersebut mengevaluasi negara-negara berdasarkan faktor-faktor seperti kebijakan iklim, tindakan, penggunaan lahan, bantuan keuangan internasional, dan target emisi. Gambia adalah satu-satunya negara yang mengejar tujuan. Negara kecil di Afrika Barat ini terutama mengambil langkah-langkah di bidang energi berkelanjutan.

Analisis juga menunjukkan bahwa banyak negara kunci seperti Australia, Brasil, Indonesia, dan Rusia masih berada pada level yang sama atau lebih rendah dari yang mereka sepakati pada tahun 2015.

Tetapi ada harapan: sekitar 130 negara, 72 persen dari emisi CO2, telah setuju untuk menjadi netral CO2 pada tahun 2050. Jika tercapai, target pemanasan hingga maksimal 2 derajat akan tercapai lagi, oleh karena itu Ada di majalah Nature.

Seperti dapat dilihat pada tabel di bawah, Inggris berkinerja lebih baik daripada UE, tetapi negara-negara seperti Kanada, Selandia Baru, dan Cina kurang efisien.

READ  6.2 Gempa melanda Sulawesi
Bron (nen): Peringatan ilmiah