BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Harga MORGENBOD ASIA-CHINA stabil, pasar memproses G7

Harga MORGENBOD ASIA-CHINA stabil, pasar memproses G7

Jamie McKeever Melihat Masa Depan di Pasar Asia

People’s Bank of China diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utama pada hari Senin karena para pedagang di Asia mencerna implikasi dari sikap G7 terhadap China dan situasi tegang dan bergejolak di Washington atas kebuntuan pagu utang AS.

Melihat lebih jauh minggu ini, penggerak regional utama untuk pasar Asia adalah keputusan kebijakan di Selandia Baru, Korea Selatan, dan Indonesia, inflasi dari Singapura dan Malaysia, serta data pengangguran dan ritel Jepang.

Dalam pernyataan bersama mereka pada hari Sabtu, para pemimpin G7 mengatakan mereka “ingin memutuskan, bukan ingin memutuskan” hubungan ekonomi dengan China. Mereka juga tidak berpaling ke dalam, kata mereka, dan tidak ingin menghambat pertumbuhan ekonomi China.

Tetapi pasar China telah melemah tajam dalam beberapa pekan terakhir karena indikator ekonomi merosot karena kekuatan utama dunia mempertimbangkan kembali strategi investasi jangka panjang mereka terhadap China.

Yuan China turun menjadi 7,00 per dolar, tetapi tidak mungkin mendapatkan dukungan kebijakan segera karena PBOC diperkirakan akan mengubah suku bunga utama pada obligasi satu tahun dan lima tahun masing-masing menjadi 3,65% dan 4,30% pada hari Senin.

Ekonomi yang lemah dan inflasi yang bergejolak akan mendorong PBOC untuk melonggarkan kebijakan dalam beberapa bulan mendatang.

Tidak mungkin sebaliknya di Jepang. Saham telah mencapai level tertinggi dalam 33 tahun, ekonomi tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal pertama dan Bank of Japan dapat segera membalikkan kebijakan ultra-liberalnya. Investor senang dengan apa yang mereka lihat.

Sentimen pasar yang luas pada hari Senin akan didorong oleh perubahan suasana hati di Washington seputar plafon utang. Presiden Joe Biden dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy akan bertemu setelah panggilan telepon “produktif” pada hari Minggu setelah presiden kembali dari KTT G7.

READ  Apakah pasangan kerajaan kita memakai bendera?

McCarthy mengatakan hari Minggu bahwa telah ada pembicaraan positif tentang penyelesaian krisis dan pembicaraan akan dilanjutkan di tingkat staf menjelang pertemuan dengan Biden. Pasar akan melihat ini sebagai peningkatan.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Janet Yellen menegaskan kembali bahwa 1 Juni adalah “tenggat waktu yang sulit” untuk menaikkan plafon utang. Jika tidak, pemerintah akan kehabisan uang dan tidak akan dapat memenuhi semua kewajibannya hingga 15 Juni, ketika lebih banyak pendapatan pajak jatuh tempo.

Waktu hampir habis dan sampai kesepakatan tercapai, kebangkrutan AS tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan, sebuah bencana bagi pasar global.

Akhir pekan ini, Reserve Bank of New Zealand diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin akhir menjadi 5,50%, sementara Bank of Korea dan Bank Indonesia dapat menetapkan suku bunga utama masing-masing sebesar 3,50% dan 5,75%. . untuk melaksanakan.

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberi pasar lebih banyak arah pada hari Senin:

– Tentukan tarif utama China

– Pesanan Mesin Jepang (Maret)

– Keyakinan Konsumen Zona Euro (Mei)