BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hari AIDS Sedunia 2023 – acara di Jenewa dan di seluruh dunia

Hari AIDS Sedunia 2023 – acara di Jenewa dan di seluruh dunia

Pada tanggal 1 Desember, WHO bekerja sama dengan komunitas dan mitra lokal akan memperingati Hari AIDS Sedunia 2023 dengan tema “Biarkan komunitas memimpin”.

Komunitas yang hidup dengan dan terkena dampak HIV, jaringan orang-orang dari populasi kunci dan pemimpin pemuda, telah dan terus menjadi bagian penting bagi kemajuan dalam respons HIV. Mereka memberikan layanan dukungan pencegahan, pengujian dan pengobatan yang penting, membangun kepercayaan, menghasilkan solusi inovatif, mempromosikan kesehatan, memantau implementasi kebijakan dan program, dan menjaga akuntabilitas penyedia layanan.

Dunia dapat mengakhiri AIDS jika komunitas lokal memimpin upaya tersebut. Itulah sebabnya tema Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah “Let Communities Lead,” yang lebih dari sekedar perayaan pencapaian komunitas, namun merupakan seruan untuk bertindak untuk memberdayakan dan mendukung komunitas dalam peran kepemimpinan mereka.

Pada Hari AIDS Sedunia tahun 2023, WHO merayakan dan mengakui kontribusi berharga dari komunitas lokal dalam memimpin respons HIV.

Hari AIDS Sedunia 2023 di Jenewa

10:00–11:00 | Acara peringatan: Merayakan kekuatan komunitas dalam memimpin respons HIV

Kafe Pita Merah, UNAIDS (gedung WHO)

  • Upacara pembukaan dan penyalaan lilin
  • Pesan Hari AIDS Sedunia: Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia
  • Tonggak sejarah kesehatan masyarakat mengenai HIV dan AIDS dalam rangka peringatan 75 tahun Organisasi Kesehatan Dunia: Dr Jerome Salomon, Asisten Direktur Jenderal Cakupan Kesehatan Universal/Penyakit Menular dan Tidak Menular
  • Presentasi video WAD2023: “Masyarakat memimpin respons terhadap HIV”
  • Suara komunitas: Dari perwakilan masyarakat

14:30–16:00 | Kunjungan ke Checkpoint Genève: sebuah inisiatif yang dipimpin oleh komunitas untuk memungkinkan populasi kunci mengakses layanan HIV

Kunjungan lapangan pengabdian masyarakat oleh Dr. Jerome Salomon (acara ini tidak terbuka untuk umum).

READ  Teleskop mendeteksi jalur puing-puing besar dari asteroid Smash Up NASA

Air Terjun Victoria dan Harare, Zimbabwe
1 Desember dan seterusnya

Pada Hari AIDS Sedunia 2023, Kantor Regional WHO untuk Afrika akan bergabung dengan Winnie Byanyima, Direktur Eksekutif UNAIDS, di Air Terjun Victoria, Zimbabwe, serta pejabat pemerintah dan pemimpin respons HIV di Zimbabwe untuk memperingati Banyaknya nyawa yang hilang AIDS. Pada sore harinya, mereka akan mengunjungi inisiatif yang dipimpin oleh masyarakat untuk memungkinkan populasi kunci mengakses layanan.

Kegiatan Hari AIDS Sedunia di Zimbabwe akan dilanjutkan dengan ICASA, konferensi HIV terbesar di Afrika edisi ke-22, dari tanggal 4 hingga 9 Desember di Harare. WHO akan berperan sebagai pemimpin dalam konferensi tersebut, termasuk berpartisipasi dalam upacara pembukaan, mengadakan 10 sesi satelit dan berinteraksi dengan komunitas dan orang yang hidup dengan atau terkena dampak HIV yang menghadiri konferensi tersebut.