BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hentikan perang Turki-Iran melawan Kurdi! – Berita Kurdi

Partai politik dan organisasi non-pemerintah dari banyak negara di Asia Pasifik mengutuk keras serangan genosida oleh pemerintah Turki dan Iran terhadap Kurdi dan menyerukan diakhirinya perang.

“Kami mengutuk keras serangan militer genosida baru-baru ini oleh pemerintah Turki dan Iran terhadap Kurdi di kawasan itu,” kata pernyataan bersama Organisasi Asia Pasifik.

“Militer Turki telah melakukan serangan udara intensif di Suriah utara dan timur dan Irak utara, menargetkan komunitas Kurdi di wilayah tersebut. Sementara itu, pemerintah Iran telah meningkatkan aksi militer terhadap komunitas Kurdi di Iran barat dan Irak utara, sebagai bagian dari tindakan keras terhadap protes hak-hak perempuan setelah pembunuhan Zina Amini. “Agresi militer terhadap Kurdi ini tidak hanya melanggar hukum internasional, tetapi juga menyebabkan banyak korban dan kerusakan,” kata pernyataan itu, menuntut hal-hal berikut:

– Turki dan Iran harus segera menghentikan agresi militer terhadap Kurdi di wilayah tersebut;

– Penindasan gerakan politik pro-Kurdi di Turki dan penghentian protes untuk hak-hak perempuan di Iran;

– Pengakuan hak demokrasi untuk menentukan nasib sendiri Kurdi dan semua kebangsaan di Wilayah Kurdistan adalah dasar solusi politik untuk “masalah Kurdi”.

Laporan ditandatangani oleh:

1. Partai Sosialis Malaysia (PSM)

2. Aliansi Sosialis, Australia

3. Partai Buruh (PRP), Indonesia

4. Konfederasi Gerakan Rakyat Indonesia (KPRI), Indonesia

5. Partai Massa Buruh (PLM), Filipina

6. Sosialis Aatoroa, Selandia Baru

7. Partai Haqqoq Kalk, Pakistan

READ  Limbah kelapa sawit merupakan produk terbaru yang dinyatakan berbahaya oleh Indonesia