BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hujan puing-puing luar angkasa: Elon Musk kali ini

Kami telah mendengar banyak akhir-akhir ini tentang puing-puing luar angkasa yang menghantam Bumi. Dan sekarang lagi, karena sampah luar angkasa SpaceX jatuh di Australia. Badan antariksa Elon Musk melihat puing-puing dari SpaceX Crew-1 kembali ke Bumi pada 9 Juli, termasuk bagian ini yang lebih besar dari pintu rata-rata.

puing-puing luar angkasa

Puing-puing luar angkasa menabrak Pegunungan Snowy 400 kilometer selatan Sydney. Untungnya itu tidak terjadi pada siapa pun, tetapi itu bisa saja terjadi. Bahaya sampah antariksa jenis ini tidak hanya mengenai orang atau, misalnya, jalan raya, menciptakan situasi berbahaya, tetapi misalnya menyentuh sampah antariksa juga berbahaya. SpaceX bahkan memiliki hotline sampah khusus yang disiapkan sehingga orang dapat menelepon dan meninggalkan sampah mereka sendiri.

Ada pertanyaan yang berkembang tentang apakah undang-undang dan peraturan baru harus diperkenalkan terkait dengan sampah antariksa. Bulan lalu, China dikecam ketika sisa-sisa rudal China jatuh ke Samudera Hindia. Bahkan NASA tidak setuju. Puing-puing menimbulkan risiko kecelakaan fatal yang signifikan.

Pengelolaan sampah antariksa yang berkelanjutan

Sementara itu, masih harus dilihat di mana sisa-sisa tangga seberat 21.000 kg itu akan berlabuh. Raksasa ini dibangun oleh Cina dan merupakan bagian dari landasan peluncuran untuk Tiangong, stasiun luar angkasa yang saat ini sedang dibangun dengan rajin oleh negara tersebut. Sangat bagus, tetapi lebih sedikit sampah luar angkasa.

Tangga adalah bagian dari kendaraan peluncuran Long March 5B dan mendekati kami dengan kecepatan sangat tinggi. Padahal, suku cadangnya sudah turun di Indonesia dan Malaysia. Sayangnya, tidak semua sistem ruang angkasa berhati-hati dalam hal pemborosan. SpaceX sengaja mengirim roketnya kembali ke Bumi, tetapi orang Cina tidak melakukannya.

READ  Raskatlioglu menguji motor MotoGP Yamaha: "Tidak ada saklar di 2022"

Terbakar saat kembali

Pada saat yang sama, Anda mungkin bertanya-tanya seberapa teliti dan berkelanjutan SpaceX sebenarnya: ia ingin menempatkan ribuan satelit ke orbit di sekitar Bumi, dan itu tidak selalu mulus. Ditambah lagi, mobil Tesla sedang melayang di suatu tempat di luar angkasa, jadi tidak bisa dikatakan pasti bahwa SpaceX selalu berusaha untuk lebih stabil. Selain itu, masalah sampah antariksa adalah ia berkembang biak.

Dengan setiap tabrakan di ruang angkasa, semakin banyak fragmen kecil yang tercipta dan mereka bergerak melalui ruang angkasa dengan kecepatan yang sangat tinggi. Untungnya, karena panasnya masuk kembali, banyak puing sering kali tidak masuk ke atmosfer dan terbakar sepenuhnya, tetapi pada saat yang sama kita mendengar semakin banyak cerita tentang kejatuhan luar angkasa. Kembalilah ke planet kita dengan lebih bebas.

Bahaya bagi Asia

Sebuah langkah baru belajar Berdasarkan data satelit dan model komputasi selama 30 tahun, ada kemungkinan besar bahwa puing-puing ruang angkasa akan terus meluncur dalam dekade berikutnya. Ini terutama akan terjadi di negara-negara seperti Indonesia, Bangladesh dan Nigeria, di mana kemungkinan komponen rudal jatuh tiga kali lebih tinggi daripada di New York, Beijing atau Moskow. Namun, risikonya meningkat.

Selama dekade berikutnya, risikonya diperkirakan akan meningkat sebesar 10 persen. Pada titik ini, Anda tidak perlu khawatir tentang puing-puing ruang angkasa yang berakhir di kanopi Anda: kemungkinannya masih sangat kecil. Namun, banyak perusahaan yang aktif di ruang angkasa dan kesalahan masih dilakukan, kecelakaan memang terjadi, dan kemungkinan terjadinya hal ini meningkat.

Itulah sebabnya banyak perusahaan luar angkasa bekerja pada roket, misalnya, yang dapat dikembalikan ke Bumi, dan lengan robot bekerja untuk menangkap puing-puing luar angkasa. Tapi apa yang terjadi pada sampah yang mendarat di Bumi dan apakah itu didenda? Lagi pula, Anda harus menunggu sampai seseorang terluka. Pertanyaannya, apakah SpaceX akan membersihkan puing-puing luar angkasanya? Sepotong sebesar ini tidak sering ditemukan di Australia. Untungnya tanpa orang di bawahnya, tetapi semakin lama kita melakukan apa yang kita lakukan sekarang di luar angkasa, semakin besar risikonya.

READ  Gempa di pulau Sumatera, Indonesia | Luar negeri

Laura Jenny

Ketika dia tidak mengetuk, dia berkeliaran di dunia hiburan fantastis atau tempat keren di dunia nyata. Mario adalah pahlawan dalam hidupnya,…