BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indeks Hak Global: Hak Pekerja di Bawah Tekanan dalam Krisis Corona – Juli – 2021 – Berita – Pekerjaan Kami

Menurut Indeks Hak Global, ada lebih banyak pelanggaran hak buruh dan serikat pekerja tahun lalu dibandingkan dengan delapan tahun sebelumnya. Penelitian Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Demokrasi sedang berkobar di banyak negara, termasuk sekutu CNV International. Secara khusus, di Kolombia dan Kamboja, ketidakamanan telah meningkat.

Pemogokan tersebut melanggar hak buruh dan serikat pekerja global, termasuk hak untuk mogok, hak untuk membentuk serikat pekerja, hak untuk melakukan tindakan serikat pekerja dan hak atas kebebasan berekspresi dan berkumpul.

Kontrak sosial baru untuk pemulihan dan regresi

Penelitian menunjukkan bahwa pemerintah dan pengusaha telah memanfaatkan kesempatan untuk memberhentikan karyawan; Telah melanggar hak untuk berunding bersama; Meningkatkan pengawasan karyawan dan merusak hak atas privasi; Dan membatasi kebebasan berekspresi dan berkumpul. Dengan lebih banyak pembatasan pada tindakan serikat pekerja di Belarus, Kolombia, Kamboja dan Myanmar, tempat kerja menjadi kurang aman. Pemerintah di Honduras, India, Indonesia, Slovakia dan Uruguay telah memberlakukan undang-undang represif yang mengurangi hak-hak pekerja.

2021 adalah tahun di mana demokrasi kembali diserang. Jumlah negara yang mengganggu pendaftaran serikat pekerja meningkat dari 89 pada tahun 2020 menjadi 109. Jumlah negara di mana kebebasan berekspresi dan berkumpul ditolak atau dikurangi telah meningkat dari 56 pada tahun 2020 menjadi 64 pada tahun ini. Pemimpin serikat pekerja ditangkap, terutama di Kamboja, Hong Kong dan Myanmar.

Titik cahaya

Ada beberapa perkembangan positif di bidang legislatif. Misalnya, saat ini ada RUU anggota swasta di DPR untuk undang-undang ICSR. Kabinet juga sedang mempersiapkan blok konstruksi untuk UU ICSR. Jika proses Eropa untuk undang-undang ketekunan yang tepat diambil terlalu lambat, pemerintah akan menggunakan blok konstruksi ini untuk hukum Belanda. Perusahaan harus bertanggung jawab atas penyimpangan dalam rantai pasokan mereka. Tapi masih banyak yang harus dilakukan. Gerakan serikat pekerja internasional telah menyerukan kesepakatan sosial baru tentang pekerjaan, hak, jaminan sosial, kesetaraan dan konten.

READ  Paphos Indonesia berinvestasi di Xperis untuk mengakuisisi Kozak dan Grab

negara yang buruk

Sepuluh negara terburuk untuk pekerja pada tahun 2021 adalah Bangladesh, Belarus, Brasil, Kolombia, Mesir, Honduras, Myanmar, Filipina, Turki, dan Zimbabwe.

Edisi kedelapan Indeks Hak Global IDUC memeringkat 149 negara berdasarkan penghormatan terhadap hak-hak pekerja.