BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia memberikan visa olahraga, musik dan seni kepada orang asing

Indonesia memberikan visa olahraga, musik dan seni kepada orang asing

Oleh VNA 18 September 2023 | 16:48 WIB

Seorang wanita mendorong barang bawaannya di Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Indonesia, 3 Juli 2021. Foto oleh Reuters

Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia telah mengeluarkan visa olahraga, musik dan seni kepada orang asing yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, konser dan seni, kata seorang pejabat.

Indonesia berupaya menyederhanakan persyaratan visa bagi atlet dan penghibur asing, kata Direktur Jenderal Imigrasi Selmi Karim.

Ia mengatakan, ke depan, pejabat tim olahraga, penyelenggara acara, atau promotor artis internasional tidak perlu menyerahkan izin kerja, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), atau surat keterangan pengalaman kerja minimal lima tahun.

Selmi mengatakan, atlet dan entertainer asing hanya berkiprah di Indonesia dalam waktu singkat sehingga berdampak kecil terhadap tenaga kerja lokal dalam hal daya saing.

Indonesia telah menjadi negara tujuan event dan konser olahraga internasional, sehingga langkah ini akan memudahkan akses mereka ke pasar negara terpopuler keempat di dunia.

Banyak event internasional yang akan digelar ke depannya, antara lain MotoGP di bulan Oktober, konser Coldplay, dan Piala Dunia U-17 di bulan November.

Ia mengatakan, penyederhanaan persyaratan visa bagi atlet dan artis asing yang bekerja di Indonesia dilakukan mengingat banyak dari mereka yang mengalami kesulitan dalam mengajukan izin pertunjukan dibandingkan negara lain di kawasan.

Pejabat tersebut menambahkan, warga Indonesia berbondong-bondong datang ke Singapura, Thailand, Australia, dan Jepang untuk menyaksikan penampilan artisnya.

READ  180 pengungsi Rohingya yang telah hilang selama berminggu-minggu mungkin telah tenggelam