BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menarik diri dari tuan rumah World Beach Games setelah berbulan-bulan kontroversi Israel

Indonesia menarik diri dari tuan rumah World Beach Games setelah berbulan-bulan kontroversi Israel



CNN

World Beach Games 2023 yang sedianya digelar di Bali bulan depan dibatalkan setelah tuan rumah Indonesia tiba-tiba menarik diri dari turnamen tersebut.

Hal ini terjadi tiga bulan setelah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencabut hak Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Putra U-20 di pulau wisata tersebut setelah menyatakan keberatan dengan partisipasi Israel.

Sekitar 1.500 atlet dari 100 negara dijadwalkan berkompetisi di Bali mulai tanggal 5 hingga 15 Agustus dalam turnamen yang berfokus pada pemuda yang menampilkan olahraga termasuk sepak bola pantai, selancar, layar, dan voli pantai.

Penyelenggara, Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC), mengatakan Indonesia menarik diri dari tugas menjadi tuan rumah karena keterbatasan anggaran dan tidak cukup waktu untuk mencari negara tuan rumah alternatif.

“Sangat terkejut dan kecewa ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah LANOOC World Beach Games dan Sidang Umum ANOC pada Agustus 2023.” Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa.

“KOI melaporkan bahwa keputusan tersebut diambil setelah pemerintah negara tersebut tidak mengeluarkan anggaran dan tidak ada lagi waktu untuk menyelenggarakan pertandingan tersebut.”

Anouk tidak memberikan alasan politik apa pun atas penarikan diri Indonesia dalam pernyataannya, namun hal itu terjadi setelah komentar Gubernur Bali Wayan Koster yang menolak kehadiran Israel di Bali sebelum Olimpiade. Berdasarkan Kepada CNN yang berafiliasi dengan CNN Indonesia. CNN menghubungi Gubernur Bali untuk memberikan komentar, namun tidak menerima tanggapan.

Indonesia, negara mayoritas Muslim dengan populasi lebih dari 270 juta jiwa, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Israel dan mendukung perjuangan Palestina.

Sentimen anti-Israel meningkat di kalangan Muslim konservatif di Indonesia. Pada bulan Maret, para pengunjuk rasa berbaris di ibu kota, Jakarta, menuntut pemerintah melarang Israel bermain di Piala Dunia Putra U-20.

READ  Sebelas "bar" di Amstelveen | Blog Amstelveen

Menjelang turnamen yang juga dijadwalkan digelar di Bali tersebut, Koster mengirimkan surat kepada Kementerian Olahraga Indonesia yang meminta agar Israel dilarang berkompetisi di provinsi tersebut, dan mengatakan bahwa Pemprov Bali menolak mengizinkan. tim Israel untuk berpartisipasi dalam turnamen. Kompetisi ini diadakan di pulau itu, kata pejabat Persatuan Sepak Bola Indonesia kepada CNN pada saat itu. Tak lama kemudian, FIFA mencopot Indonesia menjadi tuan rumah ajang internasional tersebut.

CNN menghubungi gubernur Bali pada saat itu untuk memberikan komentar, namun tidak menerima tanggapan apa pun.

Mundurnya Indonesia dari World Beach Games pada jam selarut ini mengejutkan badan penyelenggara.

“ANOC dan KOI bertemu dalam rapat koordinasi mingguan minggu lalu, dan KOI tidak pernah menunjukkan adanya masalah yang mungkin mengarah pada hasil seperti itu,” kata Anouk dalam pernyataannya.

Menteri Olahraga Indonesia Dito Ariutjo mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintah telah mengalokasikan 446 miliar rupiah (sekitar $29 juta) untuk Olimpiade tersebut tetapi masalah tersebut masih dalam peninjauan, menurut Reuters dan kantor berita Antara.

di dalam penyataanJuru bicara Komite Olimpiade Nasional Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan keputusan pembatalan itu diambil dengan “berat hati,” dengan alasan penundaan anggaran birokrasi dan tidak cukup waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Situasi tampaknya semakin sulit karena beberapa sponsor 2nd NOC World Beach Games Bali 2023 juga telah mengumumkan pengunduran diri mereka, kata Raja Sapta.

CNN telah menghubungi ANOC dan KOI untuk memberikan komentar lebih lanjut mengenai mundurnya Indonesia dari turnamen tersebut.