BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengalami resesi untuk pertama kalinya dalam 22 tahun

Indonesia mengalami resesi untuk pertama kalinya dalam 22 tahun

Sumber gambar, Gambar Getty

Indonesia telah jatuh ke dalam resesi pertamanya dalam 22 tahun karena pandemi virus corona yang terus memberikan dampak buruk.

Negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 3,49% pada kuartal ketiga tahun ini, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

Setelah mengalami penurunan sebesar 5,32% pada kuartal II tahun 2020, hal ini mendorong Indonesia ke dalam resesi.

Terakhir kali hal ini terjadi adalah saat krisis keuangan Asia tahun 1998.

Pihak berwenang di Indonesia memperkirakan 3,5 juta orang akan kehilangan pekerjaan akibat penurunan virus Corona.

Indonesia memiliki tingkat infeksi tertinggi di kawasan.

Perangkap turis

Meskipun pertanian merupakan komponen utama perekonomiannya, Indonesia sangat bergantung pada dana pariwisata.

Jutaan orang asing melakukan perjalanan ke Bali setiap tahun untuk mencari pantai yang sepi, sawah, dan pura Hindu yang luas.

Namun jumlah mereka telah menurun tajam sejak Indonesia menutup perbatasannya untuk non-penduduk, seperti negara-negara lain yang sedang berjuang melawan pandemi ini.

Penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,49% selama periode Juli-September sedikit lebih buruk dari perkiraan para ekonom sebesar 3%.

Ibu kotanya, Jakarta, memasuki masa semi-lockdown kedua selama empat minggu yang dimulai pada pertengahan September, dengan meningkatnya kasus infeksi, sehingga membebani sistem kesehatannya.

“Secara keseluruhan, perekonomian Indonesia telah melewati titik terlemahnya, namun dengan belum terkendalinya wabah lokal, aktivitas ekonomi kemungkinan akan tetap berada di bawah tekanan,” tulis ANZ Bank.

Pejabat pemerintah telah berjanji untuk mempercepat pengeluaran untuk melawan dampak pandemi dan mendorong produk domestik bruto Indonesia untuk tumbuh kembali.

Anda mungkin juga tertarik pada…

Penjelasan video,

Retret yang tenang menjadi cara yang semakin populer untuk melepaskan diri dari tekanan kehidupan perkotaan

READ  Situs resmi Republik Korea