BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Industri berjalan dengan kecepatan penuh, pasokan berada di bawah tekanan

Berita

Waktu membaca sekitar satu menit

Industri kembali dengan kecepatan penuh di Asia Timur, jantung produksi dunia. Bisnis juga berkembang pesat di negara-negara Eropa. Menurut para ekonom, ini merupakan indikasi bahwa ekonomi sedang pulih dari ledakan Corona tahun lalu.

Pada saat yang sama, rantai pasokan berada di bawah tekanan tambahan, yang dapat menyebabkan harga lebih tinggi untuk banyak produk. Angka-angka mengenai keadaan industri berasal dari berbagai negara.

Menurut perusahaan riset IHS Markit Misalnya, indeks aktivitas di Korea Selatan telah berada pada level tertinggi sejak 2010 selama dua bulan, didukung oleh meningkatnya permintaan untuk chip dan meskipun terjadi penundaan produksi di antara pembuat mobil yang menderita kekurangan chip.

Pukulan yg tdk keras

Selain itu, sentimen di antara produsen utama Jepang kembali optimis untuk pertama kalinya sejak musim gugur 2019. Di negara lain di Asia, indikator Taiwan, Vietnam, dan Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Malaysia dan Thailand secara bertahap akan mendekati level yang memisahkan ekspansi dan kontraksi industri.

Data terakhir manajer pengadaan dari Eropa menceritakan kisah serupa. Menurut IHS Markit, pertumbuhan produksi dan akumulasi pesanan baru di bagian dunia ini dalam beberapa kasus menunjukkan peningkatan terkuat dalam beberapa tahun. Tetapi pada saat yang sama, industri juga mengalami kenaikan biaya tercepat dalam hampir satu dekade, karena pandemi virus Corona mengganggu pasokan bahan mentah.

Sumber: Badan Pelabuhan Nasional

READ  Membuka ekonominya dengan munculnya delta alternatif, Inggris menjadi kasus uji untuk Covid-19