BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ini akan menjadi ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur

Reuters

NOS. Beritadiubah

Ibukota baru Indonesia akan berada di provinsi Kalimantan Timur di bagian Indonesia dari Pulau Kalimantan. Hal ini diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Ibu kota baru akan berada di kawasan yang merupakan bagian dari Kabupaten Benajam Pasir Utara dan Cotai Kartanegara. Ini berada di pantai pulau, dekat kota pelabuhan Balikpapan.

Menurut presiden, itu adalah lokasi yang strategis, “di Indonesia tengah, dekat daerah perkotaan yang sedang berkembang.” Kota ini juga penting untuk pengiriman batu bara dan minyak.

Pada bulan April, Widodo telah mengumumkan bahwa Jakarta akan diganti sebagai ibu kota, tetapi dia belum menyebutkan lokasi baru. Dengan sepuluh juta penduduk, Jakarta yang terletak di barat laut Jawa sangat padat, mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan polusi yang parah. Kota ini juga tenggelam di laut.

miliaran euro

Belum ada nama ibu kota baru. Relokasi sebenarnya dari Jakarta baru akan dimulai pada 2024.

Langkah ini akan menelan biaya miliaran euro. Hanya di bawah 20 persen yang disediakan oleh Indonesia sendiri. Sisanya harus berasal dari kemitraan publik-swasta dan investor swasta.

Dalam reaksi pertama, para pelestari lingkungan mengatakan mereka khawatir ibu kota baru yang akan dibangun akan membahayakan habitat spesies Kalimantan yang terancam punah. Beberapa spesies yang terancam punah hidup di pulau itu, seperti orangutan, beruang madu, dan bekantan.

tidak baru

Perdebatan soal pemindahan ibu kota bukanlah hal baru. Ini dibahas enam puluh tahun yang lalu. Sukarno, presiden pertama Indonesia, sudah percaya bahwa ibu kota harus di Kalimantan.