BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Ini memberi saya kebanggaan ekstra bisa bermain untuk Indonesia sekarang' – Voetbal International

'Ini memberi saya kebanggaan ekstra bisa bermain untuk Indonesia sekarang' – Voetbal International

Ada satu rintangan terakhir yang harus diatasi, namun pemain SC Heerenveen Thom Haye (29) kini menjadi pemain internasional negara kakek-neneknya, Indonesia. Dia bisa melakukan debutnya di kualifikasi Piala Dunia melawan Vietnam pada hari Kamis. Dalam percakapan mendetail dengan VI, pria dengan tangga besar itu menjelaskan mengapa dia mengambil pilihan itu.

Belakangan ini ia semakin banyak menerima pesan dari Indonesia yang menanyakan apakah ia ingin bermain untuk negara kakek dan neneknya. Ini bukan hal baru bagi Haye, bahkan di masa mudanya, ia sering didekati oleh para penggemar sepak bola Indonesia melalui media sosial. “Mereka sangat aktif dalam hal ini dan terus memantau pemain-pemain Eropa mana yang berlatar belakang Indonesia,” kata sang gelandang sambil tertawa.

'Makanya aku selalu memandangnya dengan mata sipit. Apakah saya akan menyukainya jika diberi kesempatan? Kadang-kadang aku membicarakannya dengan sahabatku yang berdarah Indonesia, tapi itu bukanlah sesuatu yang benar-benar terjadi. Tiba-tiba hal itu datang kepadamu dan tiba-tiba menjadi intens.'

Haye tersanjung, tapi tidak langsung mengatakan ya. “Saya selalu menjadi seseorang yang ingin tahu apa yang dia lakukan,” kata sang playmaker. 'Saya langsung tersentuh oleh kebanggaan yang menyertainya. Saya pikir mewakili negara keluarga saya adalah hal yang sangat istimewa, namun saya pikir penting bagi saya untuk benar-benar memainkan sesuatu – ada tantangan olahraga.'

Cerita lengkap Thom Haye bisa kamu baca di VI PRO:

READ  Supremasi kulit putih adalah gangguan budaya yang telah dialami negara kita selama ratusan tahun