The news is by your side.

Inovasi Pengelolaan Sungai di Denpasar Diganjar Penghargaan Nasional

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Program pengelolaan sungai di Denpasar yang bernama Sungai Elok,
Nyaman Untuk Masyarakat dengan Menjaga Lingkungan dan Alam di Tukad Bindu atau disingkat
(Senyum Melia di Tubin) diganjar penghargaan nasional.

Program ini adalah dengan memanfaatkan sungai sebagai lokasi wisata sekaligus mengajak warga sekitar menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Program ini mendapat apresiasi dan penghargaan pelayanan publik TOP 45 dari Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan diterima Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa menerangkan, Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi. “Kompetisi ini adalah simbol kuatnya upaya pemerintah untuk menghadirkan kualitas pelayanan publik untuk menjawab harapan masyarakat,” jelas Diah seperti keterangan resmi yang diterima redaksi, Kamis (17/10).

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) ini merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran, tahun ini terekam sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal. Dari hasil desk evaluation, diperoleh TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

Setelah tahap TOP 99, dilakukan evaluasi lapangan oleh tim evaluator dan tim panel independen. Dari hasil penilaian lapangan, ditentukan 45 inovasi terbaik yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri PANRB No. 18/2019 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019. Instansi yang berpartisipasi pada KIPP 2019 juga berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia yaitu The United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan PBB. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.