BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jajak Pendapat | Apa momen olahraga terbaik Anda di tahun 2021? † Olahraga lainnya

Tahun 2021 adalah tahun yang penuh dengan momen-momen olahraga yang spesial dan indah. Apa momen terindah bagimu? Tinggalkan suara Anda di polling kami.


Pilih

Apa momen olahraga terbaik Anda di tahun 2021?

  • 27 Juni: Matthew van der Poel mengenakan jersey kuning di Tour de France (9%).

  • 7 Juli: Denmark di semifinal Kejuaraan Eropa setelah drama tentang Eriksen (2%).

  • 30 Juli: Nick Keeman memenangkan emas BMX dengan lutut patah (3%)

  • 5 Agustus: Shanne Braspennincx memenangkan emas atas keirin (0%) setelah melalui jalan yang sulit

  • 6 Agustus: Harrie Lavreysen mengalahkan Jeffrey Hoogland di final sprint (1%).

  • 7 Agustus: Sivan Hasan memenangkan emas Olimpiade keduanya (8%).

  • 5 September: Max Verstappen menang di Zandvoort yang cerah (3%)

  • 23 Oktober: Rico Verhoeven patah matanya masih terlalu kuat untuk Jamel Ben Seddik (1%)

  • 16 November: Oranye lolos ke Piala Dunia dengan Van Gaal di kursi roda di tribun (1%).

  • 12 Desember: Max Verstappen gelar dunia pertama yang mendebarkan (72%)

8629 suara

27 Juni: Mathieu van der Poel meraih jersey kuning di Tour de France

Dengan tribun kosong, cedera, dan pembatalan, 2021 memiliki masalah start-up yang diperlukan, tetapi sejak pertengahan April, penggemar di seluruh Eropa telah kembali ke stadion dan memulai musim panas olahraga yang hebat. Bagi penggemar olahraga Belanda, acara pertama adalah Tour de France, di mana Mathieu van der Poel juga menunjukkan bahwa ia adalah pembalap jalanan yang luar biasa. Secara dramatis memenangkan panggung untuk More de Brittany. Ketika MVDP melewati garis finis, dia langsung menunjukkan: Ini untuk Kakek Raymond Poulidor. Van der Poel kemudian dengan bangga dan berani mengendarai jersey kuning selama enam hari lagi.

Matthew van der Poel menunjuk ke langit setelah memenangkan satu etape di Mer de Brittany © AFP

7 Juli: Denmark di semifinal Kejuaraan Eropa setelah drama tentang Christian Eriksen

Badan Perlindungan Lingkungan
© Badan Perlindungan Lingkungan

READ  Na de avondklok: langer sporten en mag je op de camping naar het toilet?

Kejuaraan Eropa 2020 dibatalkan tahun lalu, tetapi turnamen dimulai pada 11 Juni 2021. Pada pertandingan ketiga Kejuaraan Eropa, antara Denmark dan Finlandia, jutaan pemirsa TV tergerak oleh emosi yang luar biasa. Tepat sebelum jeda, Christian Eriksen jatuh, dan tidak ada lawan di sekitarnya. Segera menjadi jelas bahwa ada sesuatu yang salah. Dipimpin oleh Kapten Simon Kjeer, para pemain Denmark membentuk perisai manusia di sekitar Eriksen yang sedang menjalani CPR di lapangan.

Beberapa jam kemudian, pemain Denmark yang lumpuh itu kalah dari Finlandia di babak kedua (0-1), tetapi tim pelatih nasional Kasper Hjolmand secara ajaib pulih dan mencapai semifinal. Inggris terbukti sangat kuat di perpanjangan waktu. Empat hari kemudian, Inggris kalah di final melalui adu penalti dari Italia. Dan berita terbaik yang pernah ada: Eriksen pulih dengan baik dan menunjukkan dirinya kepada rekan satu timnya selama turnamen.

30 Juli: Niek Kimmann mengambil emas BMX dengan lutut patah

Setelah Kejuaraan Eropa, hanya butuh 12 hari untuk Olimpiade dimulai di Tokyo. Untuk Belanda, Olimpiade dimulai dengan cara yang besar, pada 26 Juli, antara lain, tabrakan antara Nick Keeman dan tuan rumah selama putaran pelatihan di Olimpiade. Dia mengalami cedera lutut, tetapi empat hari kemudian dia masih merebut medali emas di BMX.

Nick Keeman dengan medali emasnya di Ariake Urban Sports Park di Tokyo.
Nick Keeman dengan medali emasnya di Ariake Urban Sports Park di Tokyo. © ANP

5 Agustus: Shanne Braspennincx meraih emas di keirin setelah melalui jalan yang sulit

Pada akhirnya, Belanda membawa pulang tak kurang dari 36 medali di Tokyo, 12 di antaranya pada komponen sepeda. Lintasan bersepeda khususnya didominasi oleh Belanda, karena dulunya merupakan olahraga di mana Inggris mengumpulkan medali bersama.

Pada Juli 2015, Shanne Braspennincx mengalami serangan jantung selama kamp pelatihan di AS, membuatnya hanya sebagai pembalap cadangan di Olimpiade 2016 dan tidak ikut bertanding. Lima tahun kemudian, ia bersinar di Velodrome Izu, mengambil emas di Kirin pada 5 Agustus, mengikuti jejak Ellis Ligty.

Shanne Braspennincx menerima ucapan selamat dari pacarnya Jeffrey Hoogland setelah memenangkan final keirin di Izu Velodrome di Olimpiade Tokyo.
Shanne Braspennincx menerima ucapan selamat dari pacarnya Jeffrey Hoogland setelah memenangkan final keirin di Izu Velodrome di Olimpiade Tokyo. © ANP

READ  De verkoop van elektrische scooters steeg vorig jaar met 30 procent

6 Agustus: Harrie Lavreysen mengalahkan Jeffrey Hoogland di final sprint

Sorotan bersepeda trek itu menyusul sehari kemudian, ketika Harry Lafrisen dan Jeffrey Hoagland saling berhadapan di final dalam sprint. Itu adalah final sprint yang menegangkan, dengan Lavrijsen memimpin dengan menentukan dari teman baiknya, teman sekamar dan rekan latihannya. Lafrisen juga merebut perunggu di Keren dan Belanda merebut emas di sprint beregu.

Jeffrey Hoagland dan Harry Lafrisen dengan medali perak dan emas mereka setelah final sprint.
Jeffrey Hoagland dan Harry Lafrisen dengan medali perak dan emas mereka setelah final sprint. © ANP

7 Agustus: Sivan Hassan memenangkan medali emas kedua di Olimpiade

Musim panas lalu, tentu saja, juga merupakan Olimpiade bagi Sevan Hasan. Atlet berusia 28 tahun, yang lahir di Ethiopia dan datang ke Belanda saat berusia 15 tahun, pergi ke Tokyo dengan tujuan yang ambisius dan tidak realistis: memenangkan emas di nomor 1500m, 5.000m, dan 10.000m. Tiga emas tidak datang, tetapi dengan emas di 5.000m dan 10.000m serta perunggu di 1.500m, dia membuat dunia terkenal.

Bim Ras Fotografi
© Bim Ras Photography

5 September: Max Verstappen menang di Zandvoort yang cerah

2021 tentu saja juga tahun Max Verstappen, yang berakhir dalam pertarungan gelar dengan Lewis Hamilton dari balapan pertama di bulan Maret. Verstappen akhirnya memenangkan sepuluh balapan, dan Hamilton memenangkan delapan. Pada awal September, Formula 1 kembali ke Zandvoort setelah 36 tahun, saat 70.000 penggemar Zandvoort yang cerah menikmati akhir pekan yang indah di sirkuit bukit pasir. Verstappen memimpin pada hari Sabtu dan mendominasi dari awal hingga akhir pada hari Minggu, memberikan jutaan penggemar balap mimpi akhir pekan.

Max Verstappen di Zandvoort.
Max Verstappen di Zandvoort. © Bim Ras Photography

23 Oktober: Rico Verhoeven masih mengalami patah mata yang terlalu kuat untuk Jamal Ben Seddik

Kickboxer Rico Verhoeven dan Jamal Ben Seddik saat mereka memperebutkan gelar juara dunia di Gelridome.
Kickboxer Rico Verhoeven dan Jamal Ben Seddik saat mereka memperebutkan gelar juara dunia di Gelridome. © ANP

Di bidang bela diri, sudah lama sekali kita menantikan pertarungan gelar Rikko Verhoeven selanjutnya. Setelah pertarungan yang hebat dan awal yang sulit, juara bertahan Belanda itu mengalahkan Jamal Ben Seddik dengan technical knockout. Petenis Belgia-Maroko mulai kuat dengan pemimpin Glory Collision 3 dan menyulitkan Verhoeven.

READ  De bowlers in de kwartfinales spelen tegen Groot-Brittannië | de Olympische Spelen

Verhoeven dipukul keras di babak akhir babak pertama dan kembali berjuang keras di babak kedua. Verhoeven jatuh ke tanah dan mendapat luka dalam di bawah mata kirinya. Darah menyembur ke pipinya dan juga meninggalkan dia dengan mata yang sangat besar, tetapi Verhoeven melawan dan akhirnya menjadi yang terkuat di Gelridum Arnhem yang berputar-putar.

16 November: Oranye lolos ke Piala Dunia dengan Van Gaal di kursi roda di tribun

Louis van Gaal merayakan pencapaian Piala Dunia bersama para pemain Oranye.
Louis van Gaal merayakan pencapaian Piala Dunia bersama para pemain Oranye. © KNVB

Dalam hal sepak bola, tahun ini bukan yang terbaik untuk Belanda, meskipun penggemar Ajax secara alami menikmati gelar ganda dan panggung yang sempurna untuk grup di Liga Champions. Lieke Martins membintangi Barcelona di final Liga Champions melawan Chelsea, tetapi terdampar dengan singa betina di pertandingan di perempat final.

Tim oranye memenangkan ketiga pertandingan grup di Johan Cruyff Arena di Kejuaraan Eropa, tetapi kemudian tersingkir di Budapest di final kedelapan melawan Republik Ceko. Frank de Boer menarik kesimpulannya dan Louis van Gaal menjadi pelatih nasional untuk ketiga kalinya untuk membawa Belanda ke Piala Dunia 2022. Itu berhasil, meskipun Van Gaal harus mengikuti pertandingan penting melawan Norwegia di kursi roda dari tribun Kuip yang kosong. Kelegaan dan kebahagiaan tampak pada tiga puluh wajah berseri-seri dalam foto bersama di ruang ganti.

12 Desember: Max Verstappen secara sensasional mendapatkan gelar dunia pertamanya

Untuk penggemar Formula 1 tahun ini, ada 22 hari balapan tingkat tinggi dan kesenangan. Pada balapan terakhir di Abu Dhabi, keputusan baru datang di lap terakhir, setelah Max Verstappen, terima kasih kepada mobil keamanan Dia mampu kembali ke Lewis Hamilton dan juara dunia tujuh kali itu masih mengalami kram di kakinya. Impian lama Verstappen dan jutaan penggemar balap telah menjadi kenyataan.

Max Verstappen melakukan selebrasi bersama timnya usai Grand Prix Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina.
Max Verstappen melakukan selebrasi bersama timnya usai Grand Prix Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina. © ANP