BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

James Webb mengambil gambar Neptunus yang menakjubkan dalam sistem cincin

NASA

NOS. Berita

Sekali lagi, Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menangkap gambar yang menakjubkan dari sebuah planet di tata surya kita. setelah, setelah Gambar-gambar menakjubkan dari Jupiter Neptunus sekarang dapat dilihat dengan cara yang benar-benar baru.

Gambar baru menunjukkan cincin es raksasa gas untuk pertama kalinya dalam 32 tahun. Neptunus adalah planet kedelapan dan terjauh dari tata surya.

  • NASA

    Gambar Neptunus adalah detail dari gambar yang lebih besar
  • NASA

    Di sini bulan Triton terlihat jelas, sebagai bintang biru terang di atas Neptunus
  • NASA

    Saat diperbesar, detail tentang Neptunus dan cincinnya dapat dilihat
  • NASA

    Cincin Neptunus seperti yang dilihat oleh penjelajah planet Voyager 2 pada tahun 1989

Gambar sistem cincin sebelumnya diambil pada tahun 1989. Sebelum titik itu, seluruh planet dalam gambar hanyalah titik samar. Itu berubah dengan gambar dari wahana antariksa Voyager 2, meskipun cincinnya tidak terlihat seperti pada gambar James Webb yang baru. Teleskop Luar Angkasa Hubble tidak dapat menggambarkan cincin sama sekali.

Fakta bahwa James Webb dapat melakukannya adalah bahwa foto baru diambil dalam inframerah. “Sudah tiga dekade sejak terakhir kali kami melihat cincin samar itu dan pertama kali kami melihatnya dalam inframerah,” kata peneliti planet Amerika Heidi Hamill, yang mengambil bagian dalam misi Voyager 2 pada 1989. Warna biru khas Neptunus tidak dapat dilihat karena perbedaan spektrum warna.

awan es

Cincin tipis di sekitar planet ini sangat terlihat. Gambar baru juga dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang angin dan badai yang mengguncang raksasa gas. Daerah terang dapat dilihat di bagian selatan planet ini: awan es yang memantulkan sinar matahari. Titik terang yang menarik juga muncul di Kutub Utara.

Ada juga tujuh bulan Neptunus dalam gambar. Yang terbesar dari mereka, Triton, muncul sebagai bintang biru terang di atas planet ini.