BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jerry Van Klinken adalah Profesor dengan Penunjukan Khusus dalam Sejarah Sosial dan Ekonomi Asia Tenggara

Jerry Van Klinken adalah Profesor dengan Penunjukan Khusus dalam Sejarah Sosial dan Ekonomi Asia Tenggara

Dalam beberapa tahun terakhir, Jerry van Klinken memfokuskan penelitiannya pada integrasi sosial negara di negara berkembang seperti Indonesia. Kelas menengah ke bawah di kota-kota provinsi memegang peranan penting dalam hal ini. Van Klinken lebih memilih pendekatan terhadap persoalan ini secara komparatif, historis, dan sosiologis. Sejarah politik etnis, korupsi, kewarganegaraan dan hak asasi manusia Di Dunia Selatan Oleh karena itu penting untuk publikasi terkini.

Untuk pengajaran dan penelitiannya di UVA, van Klinken mempelajari konsekuensi sosial dari mobilitas global – terhadap manusia, barang, dan gagasan. Dia melakukan ini dengan kelompok riset Moving Matters milik FMG. Van Klinken ikut memimpin dua program penelitian baru – satu mengenai kewarganegaraan dalam demokratisasi di Indonesia, dan yang lainnya (sebuah program dalam kerangka Humaniora Digital) pada jaringan elit pada masa pergantian rezim di Indonesia. Mahasiswa doktoral UVA dipekerjakan di kedua program. Ini dikoordinasikan oleh Royal Institute of Language, Geography and Ethnology (KILTV).

Van Klinken menjadi peneliti di KILTV sejak tahun 2003. Ia menjadi koordinator program proyek penelitian hingga tahun 2012 Mencari Indonesia Tengah, sebuah proyek yang didanai oleh Program Ilmiah Indonesia – Belanda (SPIN) dari Akademi Seni dan Sains Kerajaan Belanda (KNAW). Sebelumnya, van Klinken berafiliasi dengan Federasi Studi Indonesia Australia dalam negeri (Yogyakarta, Indonesia), Griffith University (Australia), dan University of Sydney (Australia). Bahkan lebih jauh lagi, ia menjadi dosen fisika di berbagai universitas di Indonesia dan Malaysia.

READ  Amerika Serikat menjaga minyak sawit dari pesaing utama Sipef