BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Joe dan Martina dari Otiliabeel rayakan 70 tahun pernikahan: 'Sudah korespondensi saat dikirim ke Indonesia' – Iklan Uden |  Utens Mingguan

Joe dan Martina dari Otiliabeel rayakan 70 tahun pernikahan: 'Sudah korespondensi saat dikirim ke Indonesia' – Iklan Uden | Utens Mingguan

Ketertarikan manusia
Baca 2.119 kali

Odiliabeel | Joe dan Martina Stratman-Van der Rijd dari Odeliabeel telah menikah selama 70 tahun. Sebuah tonggak sejarah yang luar biasa. Pasangan itu menceritakan kisah mereka.

Oleh Henk Lunenburg

Martina lahir pada tanggal 7 Agustus 1932 di Odeliabeel. Dia adalah anak bungsu dari sebelas bersaudara. Ayahnya memiliki pertanian campuran dan dia juga bekerja untuk petani lain. Martina memiliki masa kecil yang indah. Ia masih terus berhubungan dengan sahabatnya Rhea Hendricks. Dia bersekolah di sekolah dasar di Odeliabeel, tetapi selama perang dia tinggal sementara di Volkel dan bersekolah di sekolah dasar di sana. Sepulang sekolah dia mengikuti kursus dan membantu pekerjaan rumah tangga di rumah.

Joe lahir pada tanggal 24 Juni 1928, di Volkel, dalam keluarga dengan sepuluh anak. Ayahnya juga memiliki peternakan. Joe bersekolah di sekolah dasar di Volkel dan kemudian ke Rijkswerkplatz di Den Bosch selama satu tahun. Di sana ia belajar menjadi masinis/turner. Belakangan pada tahun itu ia mulai bekerja di pabrik sepeda Gruno-Adek di Uden. Pembangunan jalur perakitan dan tungku peredam adalah tugas pertama. Setelah itu, ia menjadi pembalik instrumen untuk Revolver Otomatis di Philips dan teknisi pemeliharaan di CHV. Joe adalah anggota KPJ lokal selama bertahun-tahun.

Martina adalah anggota Klub Surat. “Saya menulis surat kepada tentara yang dikirim ke Indonesia,” ujarnya. “Jadi saya berkorespondensi dengan Joe selama 1,5 tahun tanpa mengetahui siapa dia.” Joe berada di pesta pernikahan salah satu saudara perempuan Martina. Dia melihat Martina di sana, tapi tidak ada hubungannya. Kontak pertama itu muncul saat pertunjukan teater di Patronat di Volkel. Itulah awal kisah cinta mereka selama 3 tahun.

READ  SIPEF memberikan vaksinasi gratis kepada puluhan ribu pekerja perkebunan

Mereka menikah secara sah pada tanggal 23 April dan menikah pada tanggal 4 Mei 1954 di Gereja Odiliabeel. Joe: “Kami pergi ke peternakan bersama orang tua Martina. Saya sedang bekerja dan Martina serta Kakek van der Rijt bekerja di pertanian. Setelah kami mengambil alih lahan pertanian, orang tuanya tetap tinggal bersama kami. Setelah tinggal di pertanian selama 60 tahun, Joe dan Martina pindah ke pusat Odeliabeel sepuluh tahun lalu. Joe selalu menikmati bersepeda dan bermain biliar dan mereka menikmati bersepeda bersama. Martina membuat pakaiannya sendiri; Matanya melihat, tangannya melihatnya. “Saya berada di grup KVO selama 7 tahun dan kemudian di grup KBO selama 7 tahun berikutnya. Untuk ini saya mendapat penghargaan pada tahun 2000. Bunga dan merangkai bunga adalah hobi terbesar saya. Saya mengikuti kompetisi, memenangkan banyak hadiah dan memberi kursus. Dia tidak bisa lagi merangkai bunga, tapi dia tetap suka dikejutkan dengan karangan bunga yang indah.

Joe dan Martina memiliki delapan anak, tujuh belas cucu, dan 28 cicit. Untuk memastikan Joe dan Martina terus hidup bersama, salah satu anak datang setiap hari untuk memberikan perawatan informal dan makanan hangat. Cucu dan cicit rutin berkunjung karena ingin selalu bertemu dengan kakek dan neneknya. Sebuah 'pesta platinum' akan segera dirayakan dalam lingkaran keluarga.