BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan ribu warga Indonesia terpaksa mengungsi akibat gunung berapi tersebut

Puluhan ribu warga Indonesia terpaksa mengungsi akibat gunung berapi tersebut

Warga sudah dievakuasi dalam beberapa minggu terakhir.

berita NOS

Hampir sepuluh ribu orang yang tinggal di pulau vulkanik Ruang di Indonesia harus mengungsi secara permanen. Pemerintah Indonesia mengambil keputusan ini karena meningkatnya aktivitas gunung berapi Ruang. Ada kekhawatiran besar mengenai letusan baru yang dapat memicu tsunami.

Gunung berapi tersebut kembali meletus pada Selasa lalu. Awan abu setinggi hampir lima kilometer berasal dari gunung berapi di pesisir Sulawesi. Jalan-jalan dan rumah-rumah di pulau ini tertutup lapisan abu vulkanik yang tebal.

Memulangkan

Sebelumnya pada bulan April terjadi beberapa wabah kekerasan. Dalam beberapa pekan terakhir, hampir seluruh penghuni Ruang telah dievakuasi. Pemerintah kini telah memutuskan bahwa mereka tidak dapat kembali ke negara tersebut.

Untuk pengoperasian permanen, banyak rumah yang harus dibangun. Mereka harus datang ke suatu daerah bernama Bolaang Mongondow di Pulau Sulawesi. Letaknya 200 kilometer sebelah selatan Ruang.

Pemerintah setempat telah mengumumkan keadaan darurat hingga 14 Mei. Jika terjadi letusan baru, sebagian gunung berapi akan runtuh sehingga menimbulkan tsunami.

READ  Wanita Indonesia berusia 66 tahun dalam 15 kasus Pemerintah-19 diimpor ke S'pore di Singapore News & Top Stories