BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jutaan orang Amerika Utara pergi keluar untuk menyaksikan gerhana matahari

Jutaan orang Amerika Utara pergi keluar untuk menyaksikan gerhana matahari

Saksikan gerhana matahari di New York

Berita Noosrata-rata

Jutaan warga Amerika Utara keluar rumah untuk menyaksikan gerhana matahari total. Gerhana pertama kali terjadi pada pukul 20:07 waktu Belanda, di kota Mazatlán, Meksiko barat.

Jalur gerhana kemudian berbelok ke timur laut, melewati kota-kota seperti Dallas dan Indianapolis di Amerika Serikat dan Montreal di Kanada. Secara total, sekitar 44 juta orang akan hidup dalam jalur gerhana total. Ratusan juta lainnya tinggal di daerah yang pernah terjadi gerhana matahari sebagian.

Tempat terjadinya gerhana matahari

Di Mazatlan, ribuan orang berdiri di jalan sambil membawa kacamata gerhana. Momen ketika matahari benar-benar menghilang di balik bulan dan kegelapan menyelimuti kota di tengah hari berlangsung lebih dari empat menit. Presiden Meksiko Lopez Obrador juga berada di Mazatlan.

Orang-orang juga berkumpul di tempat lain di sepanjang rute untuk melihat gerhana, baik sebagian maupun lainnya.

Melihat: Melihat gerhana matahari total dengan kacamata

Pada pukul 21.55 waktu Belanda, gerhana matahari meninggalkan daratan Amerika Utara. Ini terjadi di provinsi Newfoundland dan Labrador di Kanada.

Gerhana matahari total sangat jarang terjadi. Terakhir kali hal ini terjadi di Eropa adalah pada tahun 1999. Di Belanda, hal ini tidak sepenuhnya terjadi. Salah satunya diperkirakan akan terjadi di Spanyol utara pada tahun 2026.

  • Agensi Pers Prancis

    Presiden Meksiko Lopez Obrador berada di Mazatlán
  • Reuters

    Di New York, orang-orang turun ke jalan untuk menyaksikan gerhana sebagian
  • Reuters

    Beberapa orang juga pergi keluar di Carbondale, Illinois

READ  CPU Intel Sapphire Rapids dan chipset W790 untuk Hed muncul di peta jalan - Komputer - Berita