BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kamera Lebih Besar, Ponsel Lebih Cerdas – Pratinjau

Xiaomi meluncurkan Xiaomi 14 Ultra di MWC 2024 dan mengumumkan akan meluncurkan Xiaomi 14 di Eropa. Xiaomi sebelumnya telah mengumumkan smartphone kelas atas ini di China dan pada MWC 2024 pabrikan mengumumkan bahwa perangkat tersebut kini juga akan tersedia di Eropa. 14 Pro yang telah diluncurkan Xiaomi di China tidak akan dirilis di negara-negara Benelux, jadi kami tidak akan memberikan perhatian tambahan terhadap hal itu. Perangkat tersebut harus bersaing dengan seri Samsung S24, seri OnePlus 12, dan smartphone lain dalam kategori harga ini.

Xiaomi 14 (kiri) dan Xiaomi 14 Ultra

Perangkat Xiaomi 14 menjadi smartphone Android pertama dengan antarmuka HyperOS baru. Xiaomi telah mengucapkan selamat tinggal pada MIUI dan lebih memusatkan perhatian pada ekosistemnya sendiri dengan yang baru. Menurut Xiaomi, menghubungkan dan mengendalikan perangkat berbeda dari merek yang sama seharusnya lebih mudah dari sebelumnya. Saya berkesempatan bermain-main dengan tema baru dan memperhatikan bahwa dari segi tampilannya tidak ada bedanya dengan MIUI. Sistem operasi baru ini juga tersedia untuk perangkat Xiaomi lama.

Xiaomi 14 Ultra

Di atas kertas, Xiaomi 14 Ultra menjanjikan menjadi salah satu ponsel kamera paling mengesankan di tahun 2024. Kamera utama Xiaomi 14 Ultra memiliki sensor Sony LYT-900 berukuran 1 inci dan 50 megapiksel. Sensor ini, sama seperti seri LYT808, yang digunakan di OnePlus Open dan OnePlus 12, memiliki struktur bertumpuk. Transistor dan fotodioda ditempatkan di atas satu sama lain, bukan berseberangan, seperti pada sensor gambar tradisional. Karena penggunaan ruang yang lebih efisien, fotodioda menangkap lebih banyak cahaya, memastikan gambar lebih terang dalam situasi dengan sedikit cahaya sekitar.

Lensa kamera ini dapat beralih antara aperture f/1.63 dan f/4.0 dalam 1024 langkah. 13 Pro dan 13 Ultra juga memiliki sensor 1 inci, namun 14 Ultra memiliki sensor struktur bertumpuk untuk pertama kalinya. 13 Ultra, tidak seperti 13 Pro, memiliki lensa aperture variabel. 14 Ultra juga memilikinya, tetapi lebih sensitif terhadap cahaya dan dapat beralih dalam banyak langkah.Xiaomi 14 Ultra memiliki dua kamera telefoto dengan sensor Sony IMX858 yaitu sensor 50 megapiksel yang mampu melakukan zoom 3,2 kali dan 5 kali. Kamera keempat memiliki sensor 50 megapiksel dan lensa ultra lebar 122 derajat.

Di tengah semua kesibukan ini, saya mengambil beberapa foto dengan kamera utama, telefoto, dan kamera sudut ultra lebar; Anda akan menemukan gambar di bawah ini. Tentu saja, sulit untuk menarik kesimpulan berdasarkan gambar di lantai pameran, jadi kami akan menunggu hingga kami benar-benar menguji perangkat tersebut.

Xiaomi bertaruh lebih besar pada kamera tahun ini, dan perusahaan telah mengumumkan add-on kamera khusus yang dapat disadap untuk Xiaomi 14 Ultra. Add-on ini sedikit mengingatkan saya pada Moto Mods dan smartphone modular LG, namun ekspansi Xiaomi tidak mengubah pengaturan kamera. Ini memberi Anda kontrol lebih besar atas fungsi kamera Anda dan kemampuan untuk menempatkan filter di depan lensa. Add-on tersebut juga membuat smartphone terlihat seperti kamera internal. Anda memiliki tombol yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan rana, tombol rana yang dapat digunakan untuk mengambil foto atau fokus secara instan ketika ditekan setengah, dan tombol yang dapat digunakan untuk merekam video secara instan. Perangkat ini juga memiliki baterai kecil, yang menyuplai ponsel dengan sedikit daya. Dari tiga cincin kamera yang Anda dapatkan dengan peningkatan ini, Anda dapat menggunakan satu untuk menambahkan filter, sedangkan sisanya digunakan untuk menyesuaikan tampilan semuanya. Ini merupakan tambahan yang bagus dan setelah Anda mencolokkannya ke perangkat, semuanya terasa seperti kamera internal. Kontrolnya bekerja dengan lancar dan menyenangkan bisa menyesuaikan kecepatan rana tanpa harus menelusuri menu. Pertanyaannya tetap apakah nilainya lebih dari tambahan 100 euro. Mungkin jika Anda berencana untuk sering mengambil banyak foto, hal ini dapat mempercepat alur kerja Anda. Namun, Xiaomi dengan bangga mengatakan bahwa perangkat tersebut dapat dengan mudah bersaing dengan kamera saku.

READ  HTC mengumumkan HTC U23 Pro dengan Snapdragon 7 Gen 1 seharga €569 - Tablet & Ponsel - Berita

14 Ultra juga dibekali layar berukuran 6,73 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Patut dicatat bahwa layarnya memiliki tepi melengkung. Tampaknya selama beberapa waktu semakin banyak produsen yang mengucapkan selamat tinggal pada jenis layar ini, namun sejauh ini tampaknya jumlah perangkat kelas atas dengan layar melengkung tahun ini sama dengan jumlah perangkat tanpa layar melengkung. Resolusinya 3200 x 1440 piksel dan Xiaomi mengklaim kecerahan maksimumnya adalah 3000 cd/m2, jauh lebih tinggi dari model sebelumnya. Kami tentu saja akan menguji layar secara ekstensif setelah kami mendapatkan perangkat kerasnya. 14 Ultra dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, baterai 5.000 mAh, memori 16GB, dan penyimpanan 512GB. Bagian luar perangkat terbuat dari kaca, kulit imitasi atau titanium, dan rangkanya terbuat dari aluminium. Saya harus mendapatkan versi kulit imitasi. Meski bagian belakangnya terlihat seperti kulit, namun lebih terasa seperti karet. Meski demikian, smartphone tidak akan mudah lepas dari tangan Anda. Pulau Kamera sudah ada dan orang-orang yang saya ajak bicara menganggapnya indah atau buruk. Bahkan tanpa tambahan kamera, smartphone ini lebih terlihat seperti kamera internal. Saya pikir dia punya sesuatu untuk itu.

Xiaomi 14

Xiaomi 14 mirip dengan 14 Ultra dalam banyak hal. Ponsel cerdas ini memiliki Snapdragon 8 Gen 3 yang sama, cangkang HyperOS yang sama, dan layar yang sedikit lebih kecil (6,36 inci) dengan resolusi sedikit lebih rendah (1299 x 2670 piksel), tetapi kecepatan refresh dan kelengkungan yang sama. Menurut Xiaomi, tampilannya harus secerah kakaknya. Perangkat ini sedikit lebih kecil dari pendahulunya, dan pada saat smartphone menjadi semakin besar, perangkat ini kompak. Xiaomi sepertinya menuju ke arah yang sama dengan Samsung dengan S23 dan S24. Jika kita bandingkan Xiaomi 14 dengan 13, terlihat layarnya lebih jernih dan terang.

READ  OPPO Find N vouwbare ulasan smartphone

Kalau bicara soal kamera, perbedaannya sedikit lebih besar. Xiaomi 14 memiliki kamera utama 50 megapiksel, kamera telefoto 50 megapiksel, kamera sudut ultra lebar 50 megapiksel di bagian belakang, dan kamera depan 32 megapiksel. Kamera utama memiliki sensor yang lebih besar dan kamera telefoto dapat fokus dan berfungsi sebagai kamera makro. Meskipun sensornya menjadi sedikit lebih besar, sensornya tidak seunik yang ada pada 14 Ultra, namun akan lebih sulit untuk memasukkannya ke dalam perangkat yang lebih kecil. Saya juga bisa mengambil beberapa foto di podium menggunakan perangkat ini. Kesan pertama positif. Gambar tajam dan menangkap banyak detail, meskipun jejak pasca-pemrosesan yang berlebihan muncul dalam bentuk artefak kecil di beberapa gambar.

Xiaomi 14 juga memiliki penyimpanan 256 atau 512GB dan RAM 12GB. Selain itu, perangkat ini memiliki baterai 4610 mAh. Rangkanya terbuat dari alumunium dan bagian belakangnya terbuat dari kaca atau plastik tergantung versinya. Saya sudah memiliki kedua versi di tangan saya. Mereka merasa ringan dan kuat. Bagian belakang plastiknya juga memiliki hasil akhir matte.

Kedua smartphone ini tahan debu, tahan air, dan memiliki sertifikasi IP68. Selain itu, ponsel ini akan menerima pembaruan keamanan dan empat peningkatan sistem operasi selama periode lima tahun, sehingga Anda dapat bekerja dengan aman dengan perangkat tersebut hingga tahun 2029.







Xiaomi 14 Xiaomi 14 Ultra
Tinggi (mm) 152.8 161.4
Lebar (mm) 71.5 75.3
Ketebalan (mm) 8.2 9.2
Berat 188g / 193g 219,8g / 224,4g / 229,5g
Layar diagonal 6,36 inci 6,73 inci

Amnesti Internasional

Di MWC, kami dibanjiri dengan informasi tentang AI, namun Xiaomi sepertinya tidak terlalu memperhatikan topik tersebut. Kami melihat istilah tersebut pada perangkat, namun kami menemukan bahwa beberapa fungsi tidak ada pada beberapa unit, meskipun keduanya sama. Misalnya, ada opsi untuk membuat semua jenis gambar AI berdasarkan sekitar 25 foto diri Anda, dan video kolase yang menyenangkan dapat dibuat dengan bantuan AI. Kami tidak dapat melakukan uji coba skala besar dan masih harus dilihat apakah perangkat lunak ini akan tersedia dalam salinan yang pada akhirnya akan dijual di Belanda. Jika disertakan, ini akan menjadi perangkat lunak AI terlengkap yang pernah saya lihat di ponsel pintar, dan itu sangat bagus. Kemampuan produksi smartphone pesaing menurut saya sangat terbatas. Harus dikatakan bahwa penghitungan AI tidak dilakukan oleh NPU di SoC, melainkan di cloud Xiaomi. Anda juga memerlukan akun Xiaomi untuk ini.

Akhirnya

Saya heran masih banyak orang yang mendengar nama Xiaomi langsung memikirkan ponsel murah China, terutama di kategori budget. Meskipun pabrikan juga merilis perangkat dalam jumlah yang cukup untuk segmen pasar ini, Xiaomi juga telah merilis perangkat kelas atas selama bertahun-tahun yang dapat bersaing dengan baik dengan merek lain. Xiaomi 14 dan 14 Ultra tampaknya tidak terkecuali, dan bahkan memimpin di beberapa area. Misalnya, Xiaomi memasuki bisnis kamera tahun lalu dan tampaknya melanjutkan tren tersebut.

Dari segi software, sekilas saya tidak melihat banyak perbedaan antara MIUI dengan antarmuka HyperOS baru yang diusung Xiaomi di Android. Kami tentu saja akan menyelidiki hal ini lebih jauh saat kami benar-benar menguji perangkat tersebut. Bagaimanapun, kesan pertama saya terhadap perangkat ini positif. Saya sangat penasaran untuk mengetahui apakah tampilannya sejelas yang diklaim Xiaomi dan apakah kameranya berfungsi sesuai klaim pabrikan. Bagaimanapun, Xiaomi 14 segera tersedia dan berharga 991 euro. Xiaomi 14 Ultra akan berharga €1.499 dan akan dirilis mulai 19 hingga 24 Maret.