BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nvidia akan menginstal driver GPU Linux versi open source secara default

Sebenarnya bukan drivernya yang open source, hanya saja terjemahan antara kernel Linux dan binari nVIDIA yang menjadi open source, artinya distro bisa “mendistribusikan” ini dengan lebih mudah. Jadi lapisan DKMS tidak perlu lagi dikompilasi pada setiap instalasi, dan lapisan tengah SecureBoot dapat ditandatangani antara lain menggunakan kunci. Red Hat atau Canonical sehingga tidak perlu diunduh secara terpisah. Ini sedikit lebih mudah bagi pengguna akhir jika Anda tidak tahu banyak tentang Linux, sama seperti di Windows, cukup unduh file “exe” dan Microsoft akan melakukan semua pekerjaan berat selama instalasi. Tentu saja bagi pengguna berpengalaman tidak ada masalah hanya dengan memanggil mokutil /var/lib/dkms/…, tapi ini adalah perintah “GUI” di beberapa distribusi, jika ada. Fakta yang dikeluhkan banyak orang tentang nVIDIA adalah sulitnya karena GUI di Linux sederhana sedangkan AMD (bagian grafisnya) ada di kernel.

Di AMD, seluruh bagian grafis dari drivernya adalah open source, dan akhirnya AMD memberkati versi tersebut dan menawarkan bantuan juga, kemudian mereka memiliki versi “pro” tertutup untuk memperhitungkan GPU dan kartu pro. Sumber terbukanya kuat, tetapi tidak memiliki bagian seperti versi HDMI yang lebih baru, tetapi versi tertutupnya tidak selesai dengan baik, ini adalah masalah ayam dan telur, driver komunitas “berfungsi” untuk kebanyakan orang (gamer), tetapi untuk pengguna yang kuat itu adalah tidak dapat digunakan, tetapi Ada beberapa pengguna yang mahir karena kartunya tidak berfungsi, dan solusi tercepat biasanya adalah mengganti kartu dengan nVIDIA dan kemudian mengajukan keluhan ke AMD, antara lain. OpenCL, ROC-m atau MxGPU berfungsi dan beberapa proyek ini telah terhenti selama bertahun-tahun (AMD tidak melihat gunanya menawarkan dukungan jika tidak ada yang membeli kartu tersebut).

READ  Samsung Galaxy S22 akan datang: ini sudah bocor

[Reactie gewijzigd door Guru Evi op 12 mei 2024 17:36]